Iklan Bawah Header

Ketahui Metode Pembelajaran Les Privat yang Efektif Untuk Murid


Les privat biasanya menjadi pilihan orang tua murid dalam mencerdaskan anak-anaknya. Apalagi jika diketahui sang murid kurang bisa menyerap apa yang dipelajari di sekolah. Namun, metode pembelajaran les privat juga haruslah yang efektif agar tidak sia-sia dan mudah dimengerti anak.

Jika tidak begitu, lalu apa bedanya dengan yang murid dapatkan di sekolah? Pastinya les privat harus memberikan suatu penyegaran agar muridnya bisa lebih mudah memahami materi. Berikut adalah cara yang tepat dalam mencari metode pembelajaran les privat yang efektif:

1. Mengetahui Kendala Belajar Murid

Salah satu alasan kuat orang tua dalam memberikan anaknya les privat adalah untuk membantu mereka menerima materi lebih baik. Tidak jarang banyak anak yang mengeluhkan jika pembelajaran di sekolah mereka itu kurang mudah dipahami.

Maka dari itu sebagai les privat harus mengerti kondisi sang murid terlebih dahulu untuk memberikan materi yang tepat. Identifikasi kebutuhan murid dengan menanyakan apa saja kendala yang dialami di sekolah. Tanyakan materi apa yang tidak dipahami dari pembelajaran di sekolah.

Murid cenderung kurang menyukai jika harus belajar banyak hal sekaligus. Itu bisa membuat pembelajaran tidak terserap dengan baik yang akhirnya hasilnya akan sama saja. Maka dari itu fokuslah pada apa yang menjadi masalah yang dialami murid agar lebih efektif.

Dengan begitu, murid tidak perlu lagi mengulang semuanya dari awal, ini malah akan memberikan beban pelajaran tambahan baginya. Jadi cukup mulai dari apa yang tidak dimengerti oleh murid dan menyempurnakan pemahamannya menjadi lebih baik.

2. Metode Berdiskusi

Dialog antara murid dengan guru les privatenya menjadi salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan. Selain bisa saling berbagi pikiran tentang suatu materi, keduanya secara tidak langsung bisa lebih dekat dan terjalin suatu keharmonisan tersendiri.

Seringkali murid takut dan malu bertanya pada gurunya karena canggung dan tidak terlalu dekat.  Ini juga akan berdampak pada kecakapan mental siswa untuk berbicara serius dengan orang lain

Murid yang dekat dengan gurunya lebih mudah diajak berdiskusi dan lebih dihargai oleh pengajar daripada hanya mendengarkan saja. Ini kelebihan yang tidak dimiliki oleh sekolah pada umumnya karena hanya berfokus pada materi saja.

Manfaat lainnya itu adalah pengajar bisa mengetahui pemahaman dari anak didiknya dalam suatu materi. Guru bisa mulai menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan suatu materi. Apabila murid bisa mengimbanginya, maka bisa dikatakan ia sudah cukup paham..

3. Pemberian Kuis dan Tes

Metode pembelajaran les privat dengan tes atau kuis dalam pembelajaran les private sebenarnya hanya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman sang murid. Tidak seperti yang dilakukan pada sekolah dimana tes akan masuk kedalam penilaian dan bisa mempengaruhi rank murid di kelas. Inilah yang membuat murid tidak percaya diri disekolah.

Meski begitu, kuis atau tes yang dilakukan oleh les privat tidak bisa dikerjakan asal-asalan. Ini perlu dilakukan supaya pengajar tahu batas kemampuan dan pemahaman dari murid yang diajarnya. Tes setiap selesainya satu materi bisa membuat sedikit penekanan pada murid untuk termotivasi menjadi lebih fokus terhadap pelajaran.

Setiap lembaga les privat punya caranya tersendiri dalam menjalankan tes seperti ini. Ada yang dibuat cukup serius sehingga murid merasa tertantang. ada juga yang dibuat lebih menyenangkan sehingga murid tidak merasa tegang dan lancar dalam menyelesaikan tes nya.

4. Belajar dengan Santai dan Tetap Disiplin

Tidak bisa disangkal jika anak-anak masih mengenal jika les private adalah suatu hal yang harus ditakutkan. Banyak sekali gambaran disana mengenai betapa menyeramkannya pengajaran yang diberikan les privat.

Meski begitu, bukan salah mereka juga pandangan tersebut bisa terbentuk. Hal ini akibat adanya faktor luar anak seperti pengaruh televisi dan orang-orang di sekitar lingkungan anak yang menggambarkan seramnya les private.

Padahal hal yang sebenarnya terjadi tidaklah seperti itu. Gambaran akan les privat yang mengerikan justru membuat anak murid malah tidak percaya diri dan takut untuk ikut les. Maka dari itu les privat yang baik wajib membuat anak muridnya merasa nyaman.

Dengan perlakukan seperti itu, bukan tidak mungkin anak bisa lebih nyaman dalam belajar dan ilmu yang terserap lebih banyak. Melalui konsep ini, anak bisa lebih rileks dan santai dalam pembelajarannya sehingga akan bisa mengikuti pelajaran dengan lebih baik secara konsisten.

5. Diskusi dengan Wali Murid

Hal terakhir ini tidak bisa dilepaskan dari metode pembelajaran les privat yang efektif. Pengajar harus berdiskusi dengan wali murid entah itu orang tua atau kerabat yang bertanggung jawab atas murid tersebut. Diskusi dengan mereka menjadi metode yang penting untuk dilakukan.

Wali murid adalah orang yang paling dekat dengan murid dan paling tahu kondisinya. Melalui diskusi dua arah tentang murid tersebut, pengajar bisa mengetahui bagaimana cara memberikan materi yang tepat untuk murid tersebut.

Selain itu, orang tua juga tau apa masalah yang dihadapi anaknya saat menerima pelajaran. Terkadang orang tua tidak mengerti tentang apa yang dihadapi anaknya di sekolah. Belum lagi orang tua yang tidak punya waktu untuk meluangkan waktu berdiskusi dengan anaknya.

Itulah informasi mengenai metode pembelajaran les privat terbaik. Les privat yang baik sudah sepantasnya bisa mengerti apa yang menjadi kebutuhan murid. Tidak hanya bertanya dengan orang tuanya saja, namun melakukan observasi sendiri. Dengan begitu, guru les privat bisa tahu apa metode yang tepat untuk diterapkan pada anak muridnya.

0 Response to "Ketahui Metode Pembelajaran Les Privat yang Efektif Untuk Murid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel