Iklan Bawah Header

8 Cara Mengerjakan Pecahan Perkalian Dalam Berbagai Bentuk

 


Ada banyak sekali bentuk operasi pada bilangan pecahan, di antaranya yaitu penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Sedikit berbeda dari operasi pada bilangan pecahan lainnya, cara mengerjakan pecahan perkalian ternyata punya trik sendiri.

Bahkan di dalam mengerjakan pecahan perkalian, terdapat begitu banyak cara yang mudah dilakukan. Cara ini tersedia di dalam berbagai macam bentuk pecahan. Maka berikut ini akan diberikan pembahasannya secara menyeluruh dalam berbagai bentuk perkalian.

1.  Perkalian Pecahan Biasa

Salah satu bentuk perkalian pada pecahan adalah perkalian pecahan biasa. Jenis perkalian ini dilakukan dengan mengalikan bentuk pecahan dengan sesamanya. Perkalian pecahan biasa dapat dibilang merupakan bentuk perkalian yang paling mudah. Ada juga yang menyebut bahwa perkalian ini bentuk paling sederhana.

Hasil dari bentuk perkalian ini adalah pecahan, sebagaimana awal perhitungannya yang mengalikan pecahan dengan pecahan. Perkalian ini dikerjakan dengan mengalikan bilangan pembilang dan penyebut dengan sesamanya. Contohnya yakni sebagai berikut.

Contoh : 1/2 x 4/5 = 1x4 / 2x5

= 4/10

= 2/5

2.  Perkalian dengan Bilangan Bulat

Kalau bentuk perkalian yang ini dilakukan antara pecahan dengan bilangan bulat. Bisa dibilang jenis perkalian ini cukup mudah dan tidak terlalu sulit karena masih merupakan perkalian dasar. Perhitungan dilakukan dengan mengalikan pecahan dengan bilangan bulat.

Bilangan bulat adalah kisaran angka yang nilainya penuh dan utuh, sehingga juga disebut dengan bilangan penuh. Perkalian dikerjakan dengan mengalikan bilangan pembilang dengan bilangan bulat, tetapi bilangan penyebutnya tetap dan tidak berubah. Berikut ini akan diberikan contohnya.

Contoh : 2/5 x 3 = 2x3 / 5

= 6/5

3.  Perkalian Pecahan Campuran

Cara mengerjakan pecahan perkalian bisa dalam bentuk perkalian antara pecahan dengan campuran. Bentuk perkalian ini masih ke dalam perkalian dasar walaupun sudah agak sedikit sulit dan susah. Ada teknik khusus dalam perkalian ini yaitu mengubah pecahan campuran.

Ubahlah bentuk pecahan campuran jadi pecahan biasa. Sesudah jadi pecahan biasa, kemudian kalikan dengan pecahan yang ada di sebelahnya. Kalikan pembilang dan penyebut dengan sesamanya. Untuk contoh perkaliannya bisa diperhatikan sebagai berikut.

Contoh : 2 1/2  x 3/4  =  ubah 2 1/2 menjadi 5/2, kemudian 5/2 x 3/4 = 5x3 / 2x4

= 15/8

= 1 7/8

4.  Perkalian Pecahan Desimal

Biasanya di dalam perkalian dengan pecahan desimal ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu mengalikan desimal langsung atau mengubahnya menjadi pecahan. Pada umumnya, kebanyakan orang akan mengubah desimal menjadi pecahan agar lebih mudah mengalikan.

Bisa dibilang mengubah desimal menjadi pecahan biasa, lebih memudahkan dalam hitungan perkaliannya. Jika sudah diubah menjadi pecahan biasa, tinggal kalikan pembilang dan penyebut dengan sesamanya. Berikut ini adalah contoh perkalian pecahan desimal dengan desimal.

Contoh : 1,4 = 14/ 10, sederhanakan menjadi 7/5

3,5 = 35/10, sederhanakan menjadi 7/2

Maka, 7/5 x 7/2 = 7x7 / 5x2

= 49/10

= 4,9

5.  Perkalian Bentuk Persen

Adapun bentuk lainnya di dalam cara mengerjakan pecahan perkalian yaitu dengan perkalian bentuk persen. Cara ini sebenarnya tak jauh berbeda dari cara yang ada sebelumnya, bahkan bisa dibilang hampir menyerupai. Meski terbilang agak rumit, tetapi masih bisa dikerjakan asalkan tahu cara mengerjakannya.

Perkalian bentuk persen dapat dilakukan dengan mengubah setiap bentuk pecahan menjadi pecahan biasa. Ini artinya bentuk persen harus diubah menjadi pecahan untuk memudahkan dalam proses perhitungan perkalian. Untuk contoh dari perkalian bentuk ini akan diberikan sebagai berikut.

Contoh : 40% x 1/10 = 40/100 x 1/10

= 40x1 / 100x10

= 40/1000

= 2/50

= 1/25

6.  Perkalian Tiga Pecahan

Jika ada pecahan yang berjumlah tiga berturut-turut, maka operasi perkaliannya dilakukan dengan mengalikan tiga pecahan tersebut secara berurutan. Perkalian jenis ini sebenarnya tidak sulit untuk dikerjakan, bahkan cenderung dikatakan lebih mudah dan sangat sederhana.

Untuk melakukan operasi perkalian tiga pecahan ini bisa dilakukan dengan mengalikan satu per satu bilangan yang ada di pecahan. Kalikan pembilang dan penyebut dengan sesamanya. Agar lebih mudahnya, bisa perhatikan contoh yang diberikan berikut.

Contoh : 1/2 x 2/4 x 3/8 = 1x2x3 / 2x4x8

= 6/64

= 3/32

7.  Perkalian Desimal dengan Pecahan

Tersedia juga bentuk perkalian antara desimal dengan pecahan, operasi perkalian ini bisa dikerjakan dengan mudah jika tahu caranya. Bentuk perkalian ini termasuk ke dalam operasi perkalian pecahan yang mendasar, sehingga harus bisa dikuasai hitungannya oleh siapa saja. Bentuk perkalian ini masih mudah dan tidak rumit.

Namun pertama kali yang harus diingat adalah mengubah desimal menjadi pecahan biasa. Setelah diubah menjadi pecahan biasa, kemudian kalikan seperti biasanya. Kalikan pembilang dan penyebut dengan sesamanya. Berikut adalah contoh bentuk perkalian desimal dengan pecahan.

Contoh : 3,1 x 4/7 = ubah 3,1 menjadi 31/10, kemudian 31/10 x 4/7 = 31x4 / 10x7

= 124/70

= 1 27/35

= 1,77

8.  Perkalian Desimal dengan Campuran

Untuk cara mengerjakan pecahan perkalian juga bisa dilakukan dalam bentuk perkalian antara desimal dengan campuran. Siapa saja harus dapat mengerjakan operasi perkalian bentuk ini, sebab perhitungan ini masih tergolong ke dalam perkalian pecahan paling dasar dan masih dianggap mudah serta sederhana.

Perhitungan perkalian desimal dengan campuran dikerjakan dengan mengubah bentuk desimal menjadi pecahan biasa terlebih dulu. Kemudian sederhanakan campuran menjadi pecahan biasa. Lalu kalikan pecahan dengan pecahan seperti biasanya. Berikut adalah contoh dari perkalian desimal dengan campuran.

Contoh : 0,8 ubah menjadi 8/10

3 1/2 ubah menjadi 7/2

Maka, 8/10 x 7/2 = 8x7 / 10x2

= 56/20

= 14/5

= 2 4/5

= 2,8

Itulah cara mengerjakan pecahan perkalian yang tersedia dalam berbagai bentuk perkalian. Biasanya di dalam perhitungan, memang kedelapan jenis perkalian tersebut termasuk ke dalam operasi perkalian pecahan yang paling dasar.

 

0 Response to "8 Cara Mengerjakan Pecahan Perkalian Dalam Berbagai Bentuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel