Iklan Bawah Header

12 Pekerjaan Teknik Informatika yang Paling Populer

12 Pekerjaan Teknik Informatika yang Paling Populer

Salah satu jurusan kuliah yang punya prospek bagus masa depan adalah teknik Informatika. Berkembangnya industri digital menjadi salah satu faktor kenapa program studi ini semakin orang minati. Tidak heran lapangan pekerjaan teknik informatika terbuka lebar.

Inilah 12 Pekerjaan Teknik Informatika yang Paling Populer

Setiap program studi di kampus tentu punya prospek pekerjaannya masing masing. Era digital membuat jurusan teknik informatika terlihat lebih menarik bagi lulusan sekolah menengah atas dan sejajarnya. Berikut adalah 12 pekerjaan teknik informatika yang paling populer :

1. Intelligent System Developer

Sekarang hampir aktivitas manusia mendapatkan bantuan dari kinerja sistem. AI atau Artificial itelegency menjadi salah satu kecerdasan buatannya yang sangat baik dalam memenuhi segala kebutuhan manusia modern.

Menjadi seorang ingelligenty system developer atau pengembang sistem cerdas menjadi pekerjaan yang bisa Anda peroleh setelah menyelesaikan pendidikan teknik informatika. Profesi ini jagi yang cukup populer di kalangan anak IT.

2. Pengembang Game

Pengembang game merupakan profesi yang bertugas untuk membuat desain mulai dari gambar, tingkat level permainan, sampai dengan sistem game itu sendiri. Pekerjaan ini memang mengharuskan Anda menguasai beberapa ilmu informatika.

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan pendidikan Teknik Informatikanya punya kesempatan untuk menjadi game developer. Prospek dari pekerjaan ini sangat bagus karena sekarang cukup banyak game apalagi Android bermunculan.

3. Software Tester

Setiap peluncuran perangkat lunak baru tentu perlu adanya uji coba. Contohnya saja perangkat lunak untuk editing video dan foto. Software tester memiliki peran dalam melakukan pengetosan sebuah perangkat lunak hingga dapat berjalan secara baik.

Di era digital seperti sekarang ini sangat banyak sekali perangkat lunak atau software bermunculan. Hampir semua lini kehidupan manusia segala aktivitasnya terbantu oleh kehadiran perangkat lunak sistem komputasi ini.

4. Programmer

Programmer memiliki peran penting dalam mengembang sebuah aplikasi berbasis android, website maupun desktop. Apabila Anda mengambil jurusan Teknik Informatika, maka akan mempelajari bagaimana cara membuat sebuah program.

Seorang programmer di era yang semuanya serba sistem ini cukup terpasang. Pekerjaan ini memang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Akan tetapi, semua ini terbayarkan dengan pendapatans serta prosekpek kedepannya sangat bagus.

5. Insinyur Jaringan Komputer

Insinyur jaringan komputer punya peran penting dalam merancang arsitektur sebuah sistem konektivitas. Insinyur jaringan juga memiliki perang penting dalam melakukan perawatan serta pengelolaan saat aktivitas komputer satu dan lainnya terhubung.

Tidak jarang seorang insinyur melakukan instalasi atau pemasangan sebuah jaringan di perusahaan besar atau instansi. Profesi satu ini cukup menjanjikan juga dan bisa Anda peroleh setelah mengikuti atau menyelesai program studi teknik informatika.

6. Administrator Jaringan

Seorang Network administrator memiliki perang penting dalam mengamankan sebuah sistem jaringan. Salah satu tugas penting dari profesi ini adalah membuat FTP server, email server, sampai dengan DNS jaringan dan menjaga konektivitas ini terus berjalan secara baik.

Pembelajaran dasar tentang semua hal ini bisa Anda temukan saat berhasil menyelesaikan pendidikan di jurusan Teknik Informatika. Terdapat banyak sekali orang ingin menjadi dan mendapatkan pekerjaan ini. Selain punya peranan penting, pekerjaan ini bisa menghasilkan banyak orang.

7. Pengembang Website

Saat berkuliah di jurusan teknik informatika terdapat juga pembelajaran tentang pembuatan website. Seorang pengembang web memiliki tugas untuk membuat sebuah situs dengan kualitas dan tampilan menarik.

Pekerjaan sebagai pengembang web saat ini cukup populer, karena memang di era digital hampir semua orang memerlukan sebuah website. Tidak heran prospek dari profesi ini benar benar besar. Aktivtias rutin dari pekerjaan ini adalah melakukan pemeliharan dan pengambangan pada web.

8. Database Engineer

Seorang Database Engineer punya perang vital dalam membuat sebuah rancangan database dan warehouse. Selain itu profesi ini juga memiliki tanggung jawab untuk membuat website dari sebuah perusahaan atau instansi bahkan pribadi terus terpelihara.

Keterampilan yang harus seorang database engineer kuasi tentu saja adalah semua hal tentang basis data, mulai dari jenis dan cara penggunaannya. Beberapa orang yang telah berhasil menjadi database engineer mengakui mengawalinya dengan berkuliah di jurusan teknik informatika.

9. Konsultan IT

Setelah Anda melalui banyak hal dan telah sampai di puncak karir, membuka jasa konsultan IT bisa menjadi pekerjaan menguntungkan. Tugas seorang konsultan IT tentu saja memberikan masukan dan nasehat dalam semua aktivitas pengembangan informasi.

Konsultan IT punya peran penting dalam memberikan semua langkah serta nasihat penyelesaian sebuah masalah. Sering kali orang yang menyewa jasa ini adalah perusahaan besar dan instansi penting, jadi wajar bila penghasilannya cukup tinggi.

10. Konsultan ERP

Konsultan ERP atau Enterprise Resource Planning, memiliki tugas untuk memberikan suatu masukan terhadap pengembangan database dalam jumlah besar. Konsultan ini akan menawarkan solusi terbaik dalam menyelesaikan permsalahan dalam pengambangan ini.

Beberapa aktivitas data mining atau pencarian warehousing juga sangat penting mendapatkan saran dari seorang konsultan ERP.  Maka dari itu, seorang konsultan ERP umumnya harus paham betul tentang ilmu oracle dan SAP.

11. Pengembang Aplikasi

Sekarang sangat banyak berbagai macam aplikasi muncul dengan jenis dan varian berbeda beda. Semua ini ulah dari seorang pengembang aplikasi. Software engineer atau pengembang perangkat menjadi pekerja dengan peminat sangat tinggi.

Seorang yang bekerja sebagai pengembang aplikasi harus bisa merancang coding, membuat simulasi sampai dengan menguji coba perangkat lunak tersebut. Saat Anda mengambil jurusan Teknik Informatika ketika kuliah, semua pelajaran perihal ini akan peserta didik dapatkan.

Demikian informasi mengenai 12 pekerjaan teknik informatika yang paling populer. Bekerja di tempat yang nyaman dengan fasilitas lengkap menjadi banyak impian orang. Tentunya prospek kedepannya juga jadi elemen penting saat meniti karir di dunia kerja.

0 Response to "12 Pekerjaan Teknik Informatika yang Paling Populer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel