Iklan Bawah Header

Inilah Beberapa Pekerjaan Sistem Informasi yang Bagus

Inilah Beberapa Pekerjaan Sistem Informasi yang Bagus

Berkuliah di program studi sistem informasi memang menjanjikan saat ini. Jurusan yang mempelajari kemajuan teknologi dan bisnis secara digital ini semakin tahun kiat meroket. Tidak heran bila beberapa pekerjaan sistem informasi sangat menjanjikan.

Berikut Daftar Beberapa Pekerjaan Sistem Informasi yang Bagus

Apabila Anda sedang ingin mengambil kuliah, carilah jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Sistem Informasi merupakan salah satu program studi di universitas dengan peluang kerja potensial. Berikut adalah beberapa pekerjaan sistem informasi yang bagus :

1. Pengembang Aplikasi Android dan iOS

Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan smartphone begitu pesat. Bahkan di Indonesia sudah mencapai 50% pengguna ponsel pintar saat ini. Kondisi ini mau tidak mau melahirkan berbagai jenis aplikasi untuk menunjang berbagai kegiatan masyarakat.

Salah satu orang yang ada di balik layar ini adalah pengembang aplikasi. Profesi ini memiliki tugas untuk membuat sebuah aplikasi berbasis android dan iOS di mana keduanya sekarang jadi sistem perangkat mobile paling terkenal. Pekerjaan ini sangat menjanjikan untuk lulusan sistem informasi.

2. Computer Engineering

Menjadi seorang teknisi komputer bukan hal tidak mungkin bagi seorang lulusan sistem informasi. Beberapa mata kuliah seperti pemrograman internet, jaringan, dan perangkat hardware, membuat mahasiswa sistem informasi bisa belajar untuk jadi computer engineering.

Pekerjaan ini punya tanggung jawab untuk menemukan, memecahkan masalah, sampai dengan menganalisa sistem komputer atau informasi. Computer engineering fokus kepada sistem di dua perangkat yaitu keras dan lunak.

3. Database Administrator

Database administrator adalah salah satu pekerjaan yang tugasnya merancang, memaintenance, mengimplementasikan, sampai dengan mengelola sebuah database. Perannya sangat penting karena semua aplikasi tentu memerlukan sebuah basis data.

Seorang database administrator juga memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan, mendesain, mengontrol peningkatan kapasitas serta kinerja dari basis data untuk kedepannya. Lulusan sistem informasi memiliki peluang besar mendapatkan pekerjaan ini.

4. UI UX Developer

Ister UI (User Interface) dan UX (User Experience) sekarang mulai populer. Profesi ini memiliki pekerjaan yang mirip dengan desainer web, akan tetapi lebih berfokus pada tampilan sebuah website yang harus bisa berjalan baik di berbagai platform seperti dekstop, web, dan ponsel.

Profesi ini juga bertugas untuk menghadirkan pengalaman pengguna secara baik saat mengakses sebuah sistem informasi. Tentu saja mahasiswa yang berada di jurusan ini akan punya peluang besar mendapatkan pekerjaan ini.

5. Pembuat Game Mobile dan Console

Game developer merupakan salah satu profesi yang punya tugas untuk mendesain dan merancang alur dari sebuah game. Sekarang cukup banyak perusahaan berbasis perangkat lunak mulai mencari talenta dalam pengerjaan sebuah game.

Di beberapa negara maju seperti Amerika dan Jepang, profesi ini sangat masyarakatnya hargai, bahkan pendapatannya bisa setara seperti artis. Hal ini karena game merupakan produk penghasil uang masif. Di Indonesia sendiri telah mulai bermunculan studio game pembuat permainan.

6. Rekayasa Perangkat Lunak

Seorang rekayasa perangkat lunak punya peran penting dalam mengembangkan software, memperbaikinya, dan memenajamen hasilnya. Software engineer juga memiliki tugas dan tanggung jawab besar di era digital ini.

Memperhatikan kualitas aplikasi tetap terjaga dan baik menjadi sebuah kewajiban bagi seorang software engineer. Lulusan informasi berpeluang besar mendapatkan pekerjaan ini dengan mempelajari beberapa bahasa pemrograman serta algoritma dan flowchart.

7. IT Planner

IT planner merupakan sebuah pekerjaan yang punya tugas penting untuk melengkapi segala kebutuhan teknologi informasi baik di dalam perusahaan maupun instansi. Seorang IT planner harus sering sering mengupgrade kemampuannya.

Hal ini tidak lepas dari perkembangan sistem dan teknologi informasi yang sangat cepat dan pesat. Untuk itulah harus selalu update agar tidak ketinggalan zaman. Pekerjaan ini juga merupakan profesi dengan prospek masa depan bagus untuk lulusan mahasiswa sistem informasi.

8. Web Developer

Saat berkuliah di jurusan sistem informasi terdapat beberapa mata kuliah seperti pembelajaran front end dan backend. Kedua unsur ini penting dalam sebuah pengembangan website dan sistem informasi berbasis PHP dan lainya.

Mahasiswa lulusan sistem informasi berpeluang besar menjadi seorang pemrograman web. Profesi ini punya tugas penting dalam membuat website mulai dari tampilannya sampai dengan proses menghubungkannya ke database.

9. Menjadi Seorang Freelance

Mungkin banyak yang belum tahu bila beberapa pekerjaan seputar IT dapat Anda kerjakan secara freelance. Pekerja lepas dalam bahasa Indonesianya ini sekarang jadi profesi yang cukup menjanjikan hal ini tidak lepas dari sifat pekerjaan digital yang tak memerlukan kewajiban harus ke kantor.

Mengerjakan berbagai pekerjaan IT cukup di rumah saja. Seorang freelance kini juga tidak orang pandang sebelah mata karena kehadiran beberapa platform penyedia jasa layanan ini seperti sribulance.com, freelancer.co.id, sribu.com dan masih banyak lagi.

10. Seorang Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar di sini meliputi guru dan dosen. Lulusan mahasiswa sistem informasi juga berpeluang untuk menjadi seorang pengajar di berbagai instansi pendidikan di Indonesia. Tugasnya adalah memberikan materi pembelajaran semua hal perihal teknologi.

Bisa berupa pemrograman perangkat lunak, merancang berbagai sistem web dan informasi, sampai dengan pengelolaannya. Lulusan sistem informasi bisa mengajarkan ilmu komputer mulai dari tingkat SD, SMP, SMA atau SMK, sampai dengan banku kuliah. Peluang dan potensinya juga sangat bagus.

Demikian informasi mengenai beberapa pekerjaan sistem informasi yang bagus. Setiap orang tentunya saat memutuskan untuk berkuliah ingin mencari dengan prospek kerja menjanjikan saat lulus. Jurusan sistem informasi menawarkan hal ini dengan baik.

0 Response to "Inilah Beberapa Pekerjaan Sistem Informasi yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel