Iklan Bawah Header

Macam-macam Pekerjaan yang Bisa Diperoleh dari Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Macam-macam Pekerjaan yang Bisa Diperoleh dari Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Terdapat berbagai jenis jurusan di dunia perkuliahan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan passion. Salah satunya adalah kuliah jurusan sistem informasi. Peminatnya pun cukup banyak karena lapangan kerjanya lebih beragam serta luas, sehingga seringkali menjadi pilihan kebanyakan orang.

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi?

Jurusan dalam sistem informasi komputer mengajarkan mahasiswa bagaimana memanfaatkan teknologi dalam pengaturan bisnis. Mahasiswa sistem informasi komputer mempelajari keterampilan teknis, komunikasi, dan organisasi yang diperlukan untuk berhasil sebagai profesional TI.

Individu yang ingin belajar tentang sistem komputer dan teknologi informasi dan kemudian menerapkan pengetahuan mereka dalam lingkungan bisnis dapat memperoleh manfaat dari gelar itu. Tujuan utama dari teknologi sistem informasi komputer adalah untuk membuat operasi perusahaan menjadi mudah. 

Program sistem informasi komputer menggabungkan ilmu komputer dan teknologi informasi dengan kemampuan administrasi, mempersiapkan siswa untuk memelihara database dan membantu bisnis dalam memenuhi tujuan teknologi mereka.

Pekerjaan yang Bisa Anda Dapatkan dari Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak sekali pekerjaan bisa Anda peroleh dari jurusan ini. Mulai dari spesialis dukungan teknis hingga web developer. Semuanya memberikan ladang keuntungan dalam jumlah besar. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

1. Spesialis Dukungan Teknis

Pekerjaan yang pertama yakni Spesialis Dukungan Teknis. Mereka bekerja secara langsung dengan pengguna akhir untuk memecahkan masalah teknis, perangkat keras, dan perangkat lunak. Ketika masalah muncul, mereka menawarkan bantuan, saran, dan dokumentasi teknis kepada klien.

Pakar dukungan teknis berkolaborasi dengan pengguna akhir untuk memberikan bantuan teknis untuk masalah umum yang terjadi pada perangkat lunak dan perangkat keras. Masalah koneksi, kinerja lambat, ketidakmampuan untuk mengakses data, serta aplikasi yang tidak efisien.

2. Spesialis Teknologi Informasi

Profesional TI biasanya bekerja dengan sistem informasi berbasis komputer. Beberapa tugas mereka membuat, menerapkan, dan memelihara teknologi di dalam bisnis. Meski sering direkrut oleh perusahaan teknologi, profesi ini bisa ditemukan di organisasi manapun yang mengelola volume data yang besar.

Penting bagi para pebisnis untuk mempunyai karyawan yang ahli dalam spesialis teknologi informasi ini guna mengelola data di dalam perusahaan. Selain itu, mereka juga akan membantu mengembangkan penggunaan teknologi pada bisnis agar bisa dipakai secara maksimal oleh semua orang. 

3. Pustakawan

Pasti Anda pernah mengunjungi perpustakaan umum, disana ada seorang pustakawan yang bertuga memberikan informasi kepada pengunjung terkait tempat tersebut. Pustakawan bertugas mengatur sejumlah besar data fisik dan digital. 

Mereka juga membantu orang lain dalam menavigasi dan meneliti informasi ini sehingga mereka dapat menemukan barang yang mereka butuhkan. Pustakawan sering bekerja untuk pemerintah, perpustakaan umum, lembaga penelitian, universitas, perguruan tinggi, dan sekolah yang berfokus pada informasi.

4. Teknisi Sistem Informasi

Teknisi sistem informasi bertanggung jawab atas pemeliharaan sistem komputer dan komunikasi organisasi. Mereka mencapainya dengan membangun program yang mengumpulkan, memodifikasi, dan mendistribusikan data untuk berbagai program dan aplikasi.

Dalam hal ini, mereka berperan penting untuk mengumpulkan berbagai data yang nantinya akan diubah dalam bentuk program maupun aplikasi. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan berbagai platform dengan fungsi berbeda-beda di dalam smartphone atau ponsel pintar. 

5. Data Analyst

Pekerjaan selanjutnya yakni menjadi seorang data analyst. Mereka bertugas mengatur dan menafsirkan data sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Data yang ditafsirkan ini digunakan oleh para profesional bisnis untuk membuat keputusan bisnis.

Uji statistik ini yang nantinya akan digunakan oleh data analyst untuk mengumpulkan data, selanjutnya diterjemahkan menjadi laporan. Analis data mengatur dan menginterpretasikan sejumlah besar data sehingga orang lain dapat memahaminya. 

6. Analisis Sistem Komputer

Seorang analis sistem komputer menilai kebutuhan organisasi dan kemudian menyarankan atau membuat program yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Persyaratan ini seringkali mencakup peningkatan akurasi, efisiensi, dan produksi perusahaan.

Setelah program tersedia, analis sistem komputer menjamin bahwa program tersebut digunakan dengan benar melalui proses pengembangan panduan pengguna dan melatih pengguna akhir. Cara ini tentu akan sangat membantu agar pemanfaatan sistem komputer dalam perusahaan bisa berjalan lancar.

7. Administrator Basis Data

Pekerjaan selanjutnya yakni Administrator Basis Data. Seorang administrator basis data bertugas mengelola dan memelihara basis data perangkat lunak perusahaan, yang mencakup katalog perpustakaan, akun pengguna, data sensus, survei statistik, dan catatan pelanggan. 

Administrator basis data membangun dan mengelola sistem cadangan untuk mencegah kehilangan data jika terjadi kerusakan sistem. Para ahli ini memantau, memecahkan masalah, dan mengoptimalkan sistem basis data untuk memastikannya berjalan secara efisien dan efektif.

8. Web Developer 

Web Developer bertugas menulis kode untuk bagian depan dan belakang situs web. Frontend adalah bagian dari website yang dilihat orang, sedangkan backend adalah bagian yang mengantarkan informasi ke frontend. Dalam bisnis yang lebih kecil, mereka juga bertanggung jawab atas beberapa desain web.

Web Developer menghasilkan situs web dengan merancang tampilannya serta membuat kode yang diperlukan. Metode ini memerlukan pengumpulan dan analisis umpan balik pengguna sehingga web developer dapat memecahkan masalah dan meningkatkan pengalaman pengguna secara menyeluruh.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pekerjaan yang bisa Anda peroleh dari kuliah jurusan sistem informasi. Cakupannya cukup banyak, sehingga tak heran jika banyak pemuda-pemudi yang ingin menekuni jurusan ini. Ditambah lagi karena adanya dukungan perkembangan teknologi pada saat ini. 

0 Response to "Macam-macam Pekerjaan yang Bisa Diperoleh dari Kuliah Jurusan Sistem Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel