Iklan Bawah Header

Ketahui Biaya Kuliah Jurusan Tata Boga dan Prospek Kerjanya!

Ketahui Biaya Kuliah Jurusan Tata Boga dan Prospek Kerjanya!

Jika senang bekerja dengan makanan, mungkin Anda ingin berkarir di bidang kuliner. Ada banyak cara bisa didapatkan dalam berkontribusi untuk menciptakan pengalaman berkuliner yang luar biasa. Sebelum itu, harus mengetahui terlebih dahulu biaya kuliah jurusan tata boga dan prospek kerjanya secara detail.

Biaya Kuliah Jurusan Tata Boga

Biaya kuliah pada setiap jurusan di masing-masing universitas pastinya berbeda-beda. Besarannya pun tidak sama apabila Anda harus membandingkan beberapa universitas yang ada di Indonesia. Biaya tersebut juga tergantung pada jalur yang diambil, seperti SNMPTN, SBMPTN, atau Mandiri. 

Namun, gambaran besar biaya yang harus Anda bayarkan saat memilih jurusan ini adalah sekitar 5 0 10 juta bagi D1, sedangkan D3 mencapai 12 juta hingga 13 juta. Ini juga tergantung lama studinya. Jika terhalang oleh biaya, bisa mengajukan beasiswa atau bidikmisi dari pemerintah. 

Sekarang sudah banyak jenis beasiswa yang tersedia untuk membantu mahasiswa agar bisa menempuh jurusan yang sesuai dengan passion mereka secara mudah. Jadi, bulatkan tekad Anda mulai dari sekarang. 

Prospek Kerja di Jurusan Tata Boga

Jurusan tata boga cukup banyak memiliki prospek kerja yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Mulai dari menjadi koki hingga usaha rumahan seperti catering dengan penghasilan lumayan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

1. Pembuat Kue

Pekerjaan di bidang tata boga dengan peminat yang banyak adalah pembuat kue. Pembuat kue atau koki pastry mendesain, membuat, mendekorasi, dan menyajikan kue, biskuit, pai, dan manisan lainnya. Mereka bertugas membuat manisan untuk restoran, toko roti, atau perusahaan katering. 

Mereka harus fasih dengan penganan tradisional serta mampu membuat yang baru untuk dipamerkan, dijual, dan dibawa ke acara. Koki pastry seringkali inventif dan akurat. Mereka harus dapat mengatur waktu mereka dengan baik dan mengikuti instruksi yang sulit.

2. Spesialis Kuliner

Di dalam kemiliteran, tentu ada orang-orang yang bekerja di bidang tata boga untuk memberikan fasilitas makanan kepada para tentara agar mereka bisa mendapatkan makanan layak. Eksekutif militer disajikan makanan oleh seorang profesional kuliner yang tentunya telah memiliki keahlian dalam memasak. 

Mereka bertugas membuat menu, memesan bahan dan persediaan, serta mengelola fasilitas makan. Spesialis kuliner juga mungkin bertugas menyimpan catatan dan menetapkan anggaran. Mereka sangat terorganisir dengan baik dan merupakan seorang pemecah masalah.

3. Katering

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan usaha catering yang selalu ada pada acara-acara tertentu. Katering bertanggung jawab atas layanan makanan selama acara berlangsung. Mereka berkolaborasi dengan klien untuk mengevaluasi anggaran dan kebutuhan sebelum bernegosiasi dengan vendor.

Negosiasi tersebut berfungsi untuk bahan, tempat duduk, dan kebutuhan lainnya. Katering menyiapkan, dan menyajikan makanan untuk tamu di acara-acara, serta memasang meja kursi, dan layanan makanan. Katering harus mahir dalam memberikan pelayanan pada klien juga manajemen waktu.

4. Manajer Bar Restoran

Manajer bar restoran mengawasi operasi bar restoran sehari-hari. Mereka berkolaborasi dengan personel manajemen lain untuk membuat anggaran dan memesan barang. Selain itu, manajer bar restoran bertanggung jawab untuk mempekerjakan, melatih, dan mengawasi bartender. 

Mereka sering juga mengelola inventaris bar, memverifikasi bahwa semua lisensi adalah yang terbaru, merencanakan acara promosi, dan menegosiasikan kontrak dengan vendor. Semuanya dilakukan melalui keterjalinan kerjasama dengan manajemen lainnya agar bisa berjalan lancar.

5. Sous Chef

Sous chef bekerja bersama chef kepala. Mereka bertanggung jawab atas persiapan makanan, manajemen inventaris, pembuatan menu, pelatihan staf dapur, dan perencanaan jadwal. Jika perlu, sous chef juga dapat membantu tenaga dapur lainnya. 

Profesi ini juga bisa dikenal dengan asisten chef kepala. Selain itu, sous chef juga membantu dalam menangani masalah klien dan mengawasi operasi kuliner, sanitasi, dan prosedur penyimpanan agar tetap berjalan baik. Dengan begitu, makanan yang tersaji pun tetap segar serta layak santap. 

6. Ahli Ilmu Gizi

Ahli gizi adalah profesional gizi yang membantu klien agar dapat memenuhi tujuan diet mereka. Seorang ahli gizi dapat bekerja dengan klien secara langsung atau dalam perawatan kesehatan, pendidikan, atau fasilitas perawatan jangka panjang. 

Mereka membuat rencana makan, membantu klien melacak kemajuan, dan mengedukasi masyarakat tentang nutrisi. Keberadaannya sangat penting untuk menjaga agar semua orang dapat mengkonsumsi makanan sehat. Ahli gizi harus memahami metodologi penelitian serta tetap mengikuti tren penelitian.

7. Pengelola Makanan dan Minuman

Untuk mengawasi operasional restoran sehari-hari, pengelola makanan dan minuman bekerja sama secara erat dengan pengelola restoran. Mereka membantu dalam pembuatan menu serta penyimpanan makanan juga minuman menggunakan cara yang tentunya aman. 

Manajer makanan dan minuman juga bertanggung jawab atas perekrutan, pelatihan, penjadwalan staf, serta layanan pelanggan, termasuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan juga mengelola masalah apa pun. Keberadaan mereka sangat penting di dalam restaurant untuk mengelola dapur. 

8. Koki Pribadi

Koki pribadi biasanya bekerja dengan keluarga tertentu untuk menyiapkan makanan dan memantau nutrisi. Mereka bekerja untuk memahami kebutuhan diet dan bertanggung jawab untuk membeli bahan makanan, menyiapkan makanan, dan membersihkan setelah makan. 

Koki pribadi sering berspesialisasi dalam persyaratan diet tertentu, seperti diet paleo, vegan, atau vegetarian. Biasanya beberapa keluarga memang memiliki koki pribadi untuk memantau gizi juga nutrisi pada makanan yang mereka santap agar tidak ada masalah pada sistem pencernaan. 

Demikianlah informasi berkaitan dengan biaya kuliah jurusan tata boga dan prospek kerjanya yang sangat luas serta fleksibel. Tuangkan kecintaan Anda kepada makanan melalui bidang ini agar passion tersebut bisa menghasilkan keuntungan melimpah di masa depan.

0 Response to "Ketahui Biaya Kuliah Jurusan Tata Boga dan Prospek Kerjanya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel