Iklan Bawah Header

Ketahui Beberapa Universitas yang Ada Jurusan Administrasi Perkantoran di Indonesia

Ketahui Beberapa Universitas yang Ada Jurusan Administrasi Perkantoran di Indonesia

Bagi Anda yang ingin bekerja di kantor, mungkin bisa masuk Universitas yang ada Jurusan Administrasi Perkantorannya. Ada banyak deretan Universitas terbaik di Indonesia yang mampu mewadahi masyarakat ke bidang ini.

Rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan Administrasi Perkantoran

Indonesia memiliki banyak Universitas bagus yang berdiri dari Sabang sampai Merauke. Namun, tidak semua dari mereka mempunyai Jurusan Administrasi Perkantoran. Jika Anda tertarik untuk menekuni bidang ini, berikut beberapa rekomendasi kampus terbaik di Indonesia!

1. Universitas Diponegoro

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas terkenal satu ini? Universitas Diponegoro berlokasi di Semarang. Mahasiswa akan mempelajari banyak mata kuliah, mulai dari perencanaan anggaran keuangan, pembayaran dan pendapatan suatu perkantoran maupun perusahaan. 

Program untuk Jurusan Administrasi Perkantoran di Universitas ini adalah D3. Akreditasinya sendiri sudah cukup bagus, yakni B. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kualitas pengajaran yang diberikan kampus kepada mahasiswanya.  

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan sebuah kampus yang bergengsi di Indonesia dan banyak menarik minat masyarakat terutama para calon mahasiswa. Hal ini karena Universitas ini sudah berdiri sejak lama serta mampu menghasilkan para lulusan berkualitas di bidangnya masing-masing. 

Jika Anda ingin berkuliah di Jurusan Administrasi Perkantoran, mungkin UI bisa dijadikan sebagai solusi. Namun, siapkan diri mulai dari sekarang, karena persaingan antar calon mahasiswa sangatlah ketat. Selain itu, ketahui lebih lanjut mengenai jurusan tersebut agar nanti saat menjalankannya lebih lancar.

3. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran termasuk ke dalam jajaran Universitas bergengsi yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Ini juga bisa dijadikan rekomendasi bagi Anda yang ingin menekuni bidang Administrasi Perkantoran. 

Selain itu, Universitas ini juga memberikan beragam fasilitas berkualitas kepada para mahasiswanya untuk membantu menunjang pembelajaran yang mereka lakukan selama di kampus. Ini akan membantu Anda dalam belajar serta melatih kemampuan juga memperluas pemahaman terhadap bidang tersebut. 

4. Universitas Jenderal Soedirman

Rekomendasi selanjutnya yakni ada Universitas Jenderal Soedirman atau UNSOED yang berlokasi di Purwokerto. Kampus ini cukup berkelas karena sudah mengantongi akreditasi B pada tahun 2014 – 2018. Seiring berjalannya waktu, peningkatan pun terlihat sebab mereka mampu meraih akreditasi A. 

Selain itu, UNSOED juga menyediakan jurusan Administrasi Perkantoran bagi mereka yang ingin menekuni ilmu di bidang kegiatan kantor sehari-harinya. Apalagi jika Anda berada di wilayah Purwokerto, ini bisa dijadikan sebagai pilihan tepatnya.

Prospek Kerja di Bidang Administrasi Perkantoran

Prospek kerja di bidang administrasi perkantoran memang cukup luas dan banyak. Namun, jika Anda tidak mengetahui gambarannya, mungkin akan sulit mencarinya saat sudah lulus dari jurusan tersebut. Untuk membekali diri mengenai hal tersebut, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Asisten Administratif 

Asisten administrasi bertanggung jawab atas berbagai tugas di tempat kerja. Ini bisa apa saja mulai dari menjawab telepon hingga menjadwalkan janji temu pelanggan selama minggu kerja. Merupakan tanggung jawab Anda untuk menjalankan tugas sekretaris untuk memastikan kantor berjalan lancar. 

Dalam sebagian besar keadaan, kebutuhan pendidikan minimum adalah ijazah SMA. Namun, jika ingin mendapatkan lebih banyak uang, lebih baik mempelajari keterampilan tambahan seperti entri data dan keahlian basis data. Selain itu, tambah kemampuan menggunakan berbagai teknologi.

2. Petugas Keuangan

Profesi selanjutnya adalah Petugas Keuangan. Sebagian besar pemberi kerja akan mencatat latar belakang sekolah Anda di bidang akuntansi dan pembukuan. Hal itu bertujuan untuk mengetahui apakah calon karyawan mampu mengatur keuangan perusahaan guna keperluan pencatatan dan audit.

Anda akan memeriksa keakuratan semua transaksi yang dilakukan dalam organisasi. Pekerjaan ini juga dapat diklasifikasikan sebagai salah satu pekerjaan kantor. Misalnya, seperti asisten klerikal, auditor, dan asisten akuntansi. Posisi tersebut bisa berubah secara signifikan namun tugasnya tetap sama. 

3. Juru Ketik

Apakah Anda memiliki kemampuan mengetik cepat, dengan sedikit atau tanpa kesalahan tata bahasa? Jika iya, melamar pekerjaan sebagai juru ketik mungkin merupakan pilihan terbaik. Tanggung jawab utama di profesi ini adalah mengambil dokumen dan memasukkannya ke basis data teknologi organisasi. 

Anda juga bertanggung jawab untuk melakukannya tanpa membuat kesalahan ejaan atau tanda baca. Mereka juga bekerja dalam rapat sebagai pencatat risalah yang ditunjuk. Juru ketik akan bertanggung jawab untuk menyalin narasi vokal rapat dan mengubahnya menjadi teks referensi di masa mendatang.

4. Manajer Hubungan Klien

Tanggung jawab utama seorang manajer hubungan klien adalah memelihara dan membangun hubungan dengan basis klien perusahaan. Anda harus memiliki strategi yang jelas untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan bisnis mereka yang cukup beragam.

Ini juga menyiratkan bahwa Anda bertanggung jawab untuk menjadwalkan rapat rutin agar klien tetap mengetahui perkembangan perusahaan menuju tujuan akhir. Manajer hubungan klien akan selalu menjadi titik kontak antara klien dan perusahaan.

5. Petugas Pencatatan Bahan

Sebagai petugas pencatatan bahan, Anda akan bertanggung jawab atas tugas-tugas seperti melacak barang yang dikirim, membuat laporan fluktuasi persediaan, mengatur operasi perakitan dan distribusi, serta memantau fluktuasi juga tren produksi. 

Melacak inventaris perusahaan merupakan tugas yang sangat penting. Jika tidak, organisasi mungkin mendapati dirinya rugi tidak hanya barang dagangan tetapi juga uang. Dengan kata lain, Anda akan melacak setiap barang dagangan yang dikirim ke atau dari gudang perusahaan secara mendetail. 

Itu tadi ulasan lengkap mengenai Universitas yang ada Jurusan Administrasi Perkantoran. Untuk bisa lolos ke salah satu kampus terbaik tersebut, persiapkan semua hal berkaitan dengan bidang tersebut. Mulailah mencari tahu informasi lengkap mengenai kampus-kampus di atas dan persaingannya.

0 Response to "Ketahui Beberapa Universitas yang Ada Jurusan Administrasi Perkantoran di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel