Iklan Bawah Header

Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik yang Ada di Indonesia

Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik yang Ada di Indonesia

Jurusan Hukum menjadi incaran banyak orang hingga saat ini. Hal ini karena profesi kerjanya yang sangat fleksibel di masa mendatang dengan gaji cukup besar. Apabila bidang ini merupakan keinginan Anda, ketahui dulu Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia saat ini!

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik

Deretan Universitas yang ada di Indonesia secara terus menerus menorehkan prestasinya di berbagai Jurusan. Salah satunya adalah Hukum. Sebagai Negara Hukum, tentu bidang ini akan lebih mudah untuk dipelajari daripada lainnya. Lalu, apa saja Universitas tersebut? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga memang sudah sangat terkenal karena secara terus menerus menorehkan prestasinya dengan memberikan pendidikan dan fasilitas berkualitas kepada mahasiswanya. Bahkan, UnAir menempati kedudukan di peringkat 1 di Indonesia dan berada di urutan ke 101 - 150 di dunia. 

Bahkan, Fakultas Hukum menjadi satu-satunya yang masuk ke jajaran terbaik menurut The World University Rankings 2022. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia bahkan masyarakat di daerah Surabaya karena mampu mengalahkan banyak Universitas lain di seluruh dunia.

2. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan ekstensi Universitas Indonesia? Hampir semua masyarakat di Indonesia mengenal UI. Perguruan Tinggi yang memiliki julukan Kampus Kuning ini juga terkenal karena kualitas pendidikannya. Banyak lulusan Universitas tersebut mampu berperan aktif di lingkungan masyarakat. 

Bahkan, Jurusan Hukumnya pun menduduki peringkat kedua terbaik di Indonesia. Untuk bisa masuk ke dalamnya, Anda harus mempersiapkan diri bersaing dengan calon mahasiswa lain, karena kampus ini memiliki banyak peminat, sehingga persaingan pun menjadi lebih ketat.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau yang sering dikenal dengan singkatan UGM adalah salah satu Universitas bergengsi yang ada di Indonesia. Kepopulerannya bukan hanya di masyarakat lokal saja, namun juga Internasional. Tentu hal ini tidak lepas dari keunggulan dan kualitas pendidikan yang diberikan 

Bahkan, fasilitas di dalam Perguruan Tinggi ini juga sangat lengkap, sehingga mahasiswa pun bisa mengembangkan pengetahuan serta kemampuannya secara luas. Jika Anda ingin masuk Jurusan Hukum, mungkin UGM bisa dijadikan sebagai opsi, karena kampus ini menduduki peringkat ke tiga di Jurusan Hukum terbaik di Indonesia.

Prospek Kerja di Bidang Hukum

Prospek kerja di bidang hukum memang sangat luas. Anda tidak hanya bisa menjadi seorang pengacara saja, namun juga dapat bekerja di suatu perusahaan sebagai pemantau keberlangsungan hukum di dalamnya. Untuk mengetahui informasi tersebut lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini!

1. Pengacara

Pengacara adalah advokat yang mewakili orang atau organisasi di pengadilan. Mereka memberikan nasihat hukum yang tidak memihak dan membantu klien dalam kasus. Orang ini bekerja untuk mewakili kasus di pengadilan serta hanya terlibat ketika advokasi di depan pengadilan diperlukan.

Sebagai pengacara, Anda akan memperdebatkan kasus untuk klien. Anggota masyarakat juga dapat mendekati pengacara secara langsung untuk meminta nasihat di pengadilan. Banyak pengacara bekerja mungkin memiliki kantor sendiri atau berbagi dengan pengacara lain di suatu lembaga.

2. Arbiter

Arbiter terlibat dalam penyelesaian konflik alternatif. Arbitrase adalah cara penyelesaian sengketa hukum di luar pengadilan dan lintas batas internasional. Banyak individu juga perusahaan menggunakannya secara sukarela, yang berarti bahwa semua pihak harus setuju mengikuti keputusan akhir.

Arbiter bertindak sebagai pihak ketiga netral, membuat keputusan atas perselisihan berdasarkan fakta yang ditawarkan oleh para pihak. Keputusan arbiter tidak selalu mengikat secara hukum, tetapi jika iya, orang dan bisnis nantinya tidak dapat pergi ke pengadilan jika mereka tidak setuju dengan hasilnya.

3. Juru Tulis Pengacara

Sebagai juru tulis pengacara, Anda akan bertanggung jawab untuk memberikan dukungan administratif dan bisnis kepada anggota atau pengacara. Kontribusi mereka sangat penting untuk keberhasilan kelompok, baik sebagai praktik hukum individu maupun secara keseluruhan.

Bergantung pada tingkat tugasnya, juru tulis pengacara sering dikenal sebagai asisten praktik, asisten kantor luar ruangan, atau asisten manajer praktik. Dimulai sebagai 'petugas junior', Anda dapat naik ke petugas senior, sering dikenal sebagai direktur ruangan atau manajer praktik senior.

4. Sekretaris Perusahaan

Sebagai sekretaris perusahaan, Anda akan bertanggung jawab guna memastikan bahwa perusahaan memenuhi kewajiban keuangan dan hukumnya serta menjunjung tinggi standar tata kelolanya. Meskipun tidak mutlak diperlukan untuk memberikan nasihat hukum, namun kesadaran hukum harus tetap kuat.

Anda akan memegang peran strategis di pusat kegiatan tata kelola di dalam suatu organisasi, juga dikenal sebagai kepala tata kelola. Tanggung jawab utamanya adalah menjadi penghubung antara dewan direksi dan pemegang saham perusahaan, serta manajemen puncak organisasi.

5. Detektif

Detektif adalah petugas polisi yang bersertifikat untuk bekerja sebagai Penyelidik Kejahatan Serius dan Kompleks. Mereka bertanggung jawab atas berbagai investigasi, termasuk perampokan, narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan publik dan anak, pembunuhan, dan lain sebagainya.

Detektif adalah judul deskriptif yang menunjukkan fungsi Anda saat ini dan menyoroti bakat, pengetahuan, pelatihan, serta keahlian di sektor tertentu. Detektif bekerja dengan gaji juga status yang setara di samping rekan-rekan mereka yang berseragam di lingkup kerja sama.

Itu tadi informasi mengenai Universitas dengan Jurusan Hukum terbaik di Indonesia. Untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi bergengsi ini, Anda perlu menyiapkan segala keperluan serta pemahaman tentang bidang tersebut dimulai dari sekarang. Tujuannya agar bisa bersaing dengan calon mahasiswa lainnya.

0 Response to "Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik yang Ada di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel