Iklan Bawah Header

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Teknik Komputer

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Teknik Komputer

Kuliah Jurusan Teknik Komputer memang sangat bergengsi di masyarakat karena para lulusannya pasti sudah paham dengan semua bahasa komputer dan tetap up to date terhadap perkembangan teknologi. Jadi, tidak heran jika bidang ini mampu menarik banyak minat masyarakat di berbagai kalangan saat ini. 

Alasan Masuk Kuliah Jurusan Teknik Komputer

Teknik komputer memang menjadi jurusan yang keren dan banyak memiliki peminat karena mengambil peran cukup banyak di lingkungan perusahaan maupun organisasi di masa depan. Ini bisa Anda jadikan sebagai alasan mengapa harus masuk kuliah jurusan ini. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Pekerjaan Tahan Resesi

Perusahaan mencari keahlian di semua bidang komputer, dan beberapa sangat membutuhkannya. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, ada lebih banyak posisi teknik komputer tersedia daripada kandidat terampil untuk mengisinya. 

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, pekerjaan ini akan berkembang antara 12% dan 37% pada tahun 2022. Ketika mempertimbangkan prediksi tingkat pertumbuhan yang tinggi, jelas bahwa bisnis hanya membutuhkan lebih banyak talenta. Siswa Ilmu Komputer saat ini adalah sumber bakat masa depan itu.

2. Memberi Kesempatan untuk Menjadi Kreatif dan Inovatif

Jika menurut Anda ilmu komputer tidak memiliki kreativitas. Mereka menemukan dan membangun solusi. Jurusan Ilmu Komputer adalah seorang seniman yang kanvasnya bisa berupa smartphone atau layar komputer, dan cat serta kuasnya adalah bahasa pemrograman juga lingkungan pengembangan.

Internet telah ada selama beberapa dekade yang awalnya digunakan oleh peneliti akademis dan militer telah menjadi inovasi teknologi yang paling terkenal di zaman ini. Perkembangan tersebut tentunya dimulai oleh satu orang dengan visi revolusioner.

3. Membantu Membuat Perubahan Positif di Dunia

Teknik komputer mendorong inovasi ilmiah, seperti kemajuan substansial dalam studi genom manusia, melacak penelitian kritis vaksin AIDS, dan memantau serta menjaga lingkungan. Pelajari bidang ini dengan baik jika Anda ingin membuat perbedaan di tempat kerja atau di dunia.

Karena seperti yang Anda ketahui, perkembangan teknologi banyak membawa perubahan baru bagi setiap lapisan masyarakat di berbagai bidang. Tentu ini bisa dijadikan sebagai dasar pijakan untuk mengembangkan hal baru yang bermanfaat bagi semua orang di seluruh dunia. 

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Teknik Komputer

Prospek kerja di bidang teknik komputer ternyata cukup beragam dan juga banyak. Hal ini karena perkembangan teknologi serta alat elektronik secara terus menerus mengalami perkembangan, sehingga tidak heran jika selalu muncul inovasi baru. Daripada penasaran, simak prospek kerja di lingkup tersebut!

1. Analisis Sistem Komputer

Seorang analis sistem, terkadang dikenal sebagai perancang sistem atau arsitek sistem. Mereka meninjau teknologi perusahaan untuk mengidentifikasi masalah dan membuat rekomendasi. Orang ini membantu dalam pembuatan serta penerapan solusi berdasar kebutuhan perusahaan atau klien. 

Profesi ini memeriksa database dan sistem pemrosesan data untuk mencari kekurangan serta peningkatan potensial. Mereka juga bertugas mengawasi penerapan sistem maupun program baru. Setelah penerapan selesai, analis sistem komputer dapat melatih personel guna mengoptimalkan sistem.

2. Manajer Sistem Komputer

Profesi berikutnya yakni menjadi seorang Manajer Sistem Komputer. Mereka bertugas melakukan pemeriksaan teknologi perusahaan untuk menentukan sistem data terbaik. Spesialis ini menilai perangkat lunak, perangkat keras, jaringan, dan sumber daya pengembangan lainnya. 

Semua teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk keamanan jaringan, pemutakhiran perangkat lunak, dan operasi internet, diimplementasikan oleh manajer sistem. Mereka juga merencanakan, mengarahkan, serta mengawasi pemeliharaan perangkat keras maupun lunak komputer.

3. Manajer Proyek IT

Pekerjaan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari jurusan teknik komputer adalah Manajer proyek IT. Profesi ini mengatur aktivitas tim pemrogram dan pengembang untuk menyelesaikan proyek. Mereka menilai masalah teknologi serta merekomendasikan cara guna meningkatkan produksi. 

Manajer proyek IT menyelidiki potensi pelanggaran keamanan dan mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi informasi serta perangkat lunak perusahaan. Mereka juga membantu penginstalan perangkat lunak, peningkatan, juga koordinasi dalam sistem komputer perusahaan.

4. Pengembang Web

Pengembang web membuat situs web dengan menulis kode di bagian depan dan belakang. Mereka menggunakan beberapa bahasa skrip untuk membuat dan mendesain laman web yang dapat dilihat di berbagai perangkat, termasuk ponsel, tablet, dan PC. 

Berdasarkan konsep yang diberikan oleh desainer grafis dan desainer pengalaman pengguna, pengembang web menciptakan tulang punggung teknologi untuk situs web. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa banyak pebisnis menggunakan web guna memperkenalkan brand nya ke masyarakat.

5. Pengembang Software

Pengembang software membuat program perangkat lunak yang memungkinkan orang melakukan tugas tertentu di berbagai perangkat. Orang-orang ini bertanggung jawab atas proses pembuatan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak secara lengkap juga runtut. 

Pengembang software fasih dalam berbagai bahasa komputer dan mengatasi tantangan dengan kecerdikan teknologi. Melalui pemeliharaan perangkat lunak serta pengujian berkelanjutan, mereka juga memverifikasi bahwa program terus berfungsi secara normal.

6. Arsitek Network

Arsitek jaringan bertanggung jawab atas desain, implementasi, dan pemeliharaan jaringan saat ini serta sistem komunikasi data. Mereka memeriksa persyaratan berbagi data bisnis juga menciptakan solusi untuk jaringan area lokal maupun luas. 

Arsitek jaringan komputer menilai item dan layanan pasar untuk memberikan saran kepada klien. Mereka sering melakukan pengujian sistem sebelum mengimplementasikannya dan memecahkan masalah apa pun yang muncul setelah penyiapan selesai.

Itu tadi informasi lengkap berkaitan dengan kuliah jurusan teknik komputer yang bisa Anda jadikan gambaran jika ingin terjun ke bidang ini. Diharapkan artikel di atas mampu memberi motivasi kepada banyak orang secara luas mengenai teknik komputer itu sendiri.

0 Response to "Prospek Kerja Kuliah Jurusan Teknik Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel