Iklan Bawah Header

Apa Saja Universitas yang Ada Jurusan Kedokteran di Indonesia?

Apa Saja Universitas yang Ada Jurusan Kedokteran di Indonesia?

Jurusan Kedokteran memang menjadi incaran masyarakat dari berbagai kalangan. Hal ini tentu berkaitan dengan prospek kerja serta keuntungan yang bisa mereka dapatkan di masa mendatang. Jadi, tak heran jika sekarang banyak universitas yang ada Jurusan Kedokterannya di wilayah Indonesia.

Rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan Kedokteran

Salah satu Universitas yang Ada Jurusan Kedokteran terbaik di Indonesia adalah UI (Universitas Indonesia). Namun, sekarang sudah hadir banyak sekali Perguruan Tinggi baru yang tidak kalah berkualitasnya dengan UI. Daripada penasaran, simak ulasan lengkap informasinya di bawah ini! 

1. Universitas Indonesia

Jika bertanya tentang Universitas terbaik di Jurusan Kedokterannya, pasti kebanyakan orang akan menyebut UI. Perguruan Tinggi ini sangat terkenal dapat mencetak lulusan terbaik di bidang kedokteran. Jadi, tidak heran banyak orang menjadikan UI sebagai incaran untuk bisa menjadi mahasiswa di sana.  

Selain itu, pemberian fasilitas serta pendidikan yang berkualitas juga menjadi pertimbangan. Walaupun daya tampung bagi mahasiswa baru sangat sedikit, namun hal itu tidak menggugurkan minat para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Bahkan, persaiangannya pun menjadi sangat ketat dari waktu ke waktu.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga kembali menorehkan prestasinya, kini di Jurusan Kedokteran. Siapa sangka jika UnAir berada di urutan ke 2 yang dengan Jurusan Kedokteran terbaik di Indonesia. Perguruan Tinggi ini berlokasi di Kota Surabaya dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di sekitarnya. 

Kampus ini juga memiliki banyak peminat, bahkan hingga ribuan calon mahasiswa memperebutkan tempat tersebut. Padahal, daya tampungnya sangat terbatas. Jika Anda ingin masuk dan menjadi salah satu mahasiswanya, persiapkan diri mulai dari sekarang agar nanti mampu bersaing bersama calon lain.

Profesi Pekerjaan di Bagi Lulusan Jurusan Kedokteran

Mahasiswa yang lulus dari Jurusan Kedokteran pastinya memiliki prospek kerja luas, mulai dari menjadi Dokter Rumah Sakit, hingga ahli saraf. Tak heran jika bidang ini menjadi salah satu tempat bergengsi bagi masyarakat  di Indonesia. Lalu, apa penjelasan dari semua itu? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Dokter Rumah Sakit

Sebagai dokter rumah sakit, Anda akan menggunakan pengetahuan dan kemampuan medis untuk mendiagnosis, merawat, mengelola, mencegah penyakit serta kondisi medis lainnya. Pekerjaan ini ditemukan di sektor publik tetapi juga memungkinkan untuk bekerja di lembaga swasta. 

Anda akan menghabiskan waktu di bangsal dan di klinik rawat jalan. Selain merawat pasien, Dokter ini juga akan merujuk mereka ke profesional kesehatan lainnya seperti perawat, radiografer, apoteker, fisioterapis, dan dokter lainnya. Rujukan tersebut tentunya melalui pemeriksaan secara detail. 

2. Dokter Bedah

Sebagai seorang ahli bedah, Anda akan melakukan operasi pada pasien dengan membedah tubuh pasien untuk memperbaiki, mengangkat, atau mengganti bagian yang sakit atau rusak. Selain operasi, mereka juga bisa membuka klinik rawat jalan, serta kegiatan administrasi dan pengajaran.

Menjadi seorang ahli bedah bisa memakan waktu bertahun-tahun dan membutuhkan dedikasi tingkat tinggi. Tempat mungkin sulit didapat, terutama pada tahap akhir pelatihan. Karena prosedur bedah baru terus dikembangkan, Anda akan memperoleh kemampuan baru sepanjang karier tersebut.

3. Ahli Anestesi

Ahli anestesi akan memeriksa kesehatan pasien dan mendiskusikan bentuk anestesi mana yang terbaik untuk mereka (umum, lokal, atau regional). Pemberian anestesi sebelum operasi, memantau kesejahteraan pasien selama operasi, dan memberikan perawatan setelah operasi medis. 

Rentang usia pasien mulai dari bayi hingga lansia, dan mungkin termasuk wanita hamil (saat melahirkan), mereka yang menjalani operasi, serta seseorang yang menderita sakit kronis. Anda hanya menghabiskan sebagian besar waktu di ruang operasi, tetapi kemungkinan juga di bangsal.

4. Ahli Patologi

Pekerjaan yang selanjutnya yakni menjadi Ahli patologi. Mereka mendiagnosis, menyembuhkan, dan mencegah berbagai macam penyakit. Patologi membutuhkan tingkat pekerjaan laboratorium, tergantung pada spesialisasi dan fungsinya sendiri. Beberapa ahli patologi tidak memiliki interaksi dengan pasien. 

Sementara yang lain menggabungkan pekerjaan laboratorium dengan perawatan pasien klinis langsung. Ahli patologi tidak hanya berurusan dengan mayat; ini hanya berlaku untuk histologi forensik, sub-spesialis histopatologi yang mempekerjakan sedikit orang saja di dalamnya.

5. Ahli Saraf

Sebagai ahli saraf, Anda akan mendiagnosis, merawat, dan mengelola pasien dengan berbagai penyakit maupun gangguan, hingga penyakit saraf. Misalnya seperti, stroke, sakit kepala, sclerosis ganda, Parkinson, Alzheimer, penyakit saraf motorik, epilepsi, infeksi saraf, tumor otak, dan lain sebagainya. 

Anda akan menjadi bagian dari tim multidisiplin yang mencakup spesialis neurologi lainnya serta anggota tim perawatan kesehatan lainnya, seperti terapis wicara dan bahasa, terapis okupasi, serta dokter pengobatan rehabilitasi. Mereka semua berkolaborasi dalam lingkup tersebut untuk melayani pasien. 

6. Dokter Umum

Dokter umum memberikan perawatan medis berkelanjutan kepada pasien dalam skala komunitas. Orang ini biasanya menjadi titik kontak pertama bagi pasien, melihat mereka di operasi, di rumah mereka, atau di tempat lain seperti panti jompo. Tujuannya untuk memberikan pendekatan holistik. 

Pendekatan tersebut berguna saat mendiagnosis penyakit dan memberikan perawatan. Seorang Dokter Umum harus memeriksa elemen fisik, emosional, serta sosial dari pasien. Anda akan berkolaborasi dengan penyedia layanan kesehatan lain untuk mendiskusikan alternatif perawatan dengan pasien.

Itu tadi informasi berkaitan dengan Universitas yang ada Jurusan Kedokteran dan beberapa ulasan mengenai prospek kerja di bidang tersebut. Untuk bisa masuk ke lingkup ini, Anda diharuskan memiliki disiplin ilmu baik sejak lama agar impian tersebut terwujud.  Jadi, persiapkan diri mulai dari sekarang!

0 Response to "Apa Saja Universitas yang Ada Jurusan Kedokteran di Indonesia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel