Iklan Bawah Header

Ekonomi internasional: Pengertian, Manfaat, dan Bentuk Penerapannya

Ekonomi internasional: Pengertian, Manfaat, dan Bentuk Penerapannya

Ekonomi internasional merupakan kegiatan ekonomi yang tidak melibatkan masyarakat dalam negeri tapi juga beberapa negara lainnya. Artinya transaksi tersebut terjadi antara satu negara dengan negara lainnya secara lebih luas. Lalu apa manfaat dari kegiatan ekonomi tersebut?

Apa Itu Ekonomi Internasional

Perlu Anda ketahui dalam penerapannya kegiatan ekonomi bukan hanya terbatas pada penjual dan pembeli. Tapi juga secara lebih luas yaitu antar negara. Perdagangan antar negara ini nyatanya dapat mempengaruhi nilai domestik bruto. 

Secara lebih jelas, ekonomi internasional dapat berarti sebuah kegiatan atau ilmu ekonomi yang mempelajari berbagai hal mengenai hubungan antar negara. Biasanya kegiatan ekonomi semacam ini disebut sebagai impor dan ekspor. Baik itu berupa barang maupun jasa. 

Selain itu kegiatan perdagangan internasional ini bisa melibatkan orang serta modal yang melampaui batas internasional. Singkatnya, proses perdagangan adalah bentuk kerjasama negara satu dengan lainnya. 

Manfaat Ekonomi Internasional

Pada pembahasan selanjutnya akan diterangkan lebih rinci mengenai dampak dari adanya sistem ekonomi internasional yang berjalan melalui perdagangan internasional. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut. 

1. Kesempatan Kerja Makin Banyak

Manfaat pertama yang bisa dirasakan masyarakat atau pemilik usaha akibat perdagangan internasional adalah makin banyak kesempatan kerja yang tersedia. Pasalnya saat transaksi antar negara itu berlangsung tentu membuat perusahaan memperluas jaringan. 

Secara otomatis pula membutuhkan tenaga kerja tambahan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Baik itu terkait barang ataupun jasa. Lapangan kerja bertambah, ekonomi masyarakat meningkat. 

2. Target Pasar Lebih Luas

Salah satu tujuan sebuah usaha adalah meraih target pasar sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan pendapatan. Laba usaha inilah yang kemudian mensejahterakan pekerja. Selain itu dengan adanya perdagangan internasional, target penjualan jadi lebih luas. 

Selain itu, perusahaan tidak takut memproduksi barang secara massal sebab bisa dijual ke ranah lebih luas yakni pasar internasional. Melalui ekspor barang pendapatan makin bertambah sebab membuka potensi baru untuk pertumbuhan bisnis. 

3. Ada Peluang untuk Spesialisasi

Perusahaan yang berpartisipasi dalam ekonomi internasional melalui perdagangan dapat membuka peluang untuk spesialisasi. Di mana hal ini mengarah pada proses produksi yang meningkat. Selain itu perusahaan juga bisa berinovasi lebih tinggi.

Keterkaitan erat tersebut ternyata dapat memberikan efek jangka panjang. Selain itu produk jadi lebih dikenal di pasar global. Maka otomatis terjadi peningkatan kualitas pembangunan. 

4. Kerjasama Antar Negara yang Lebih Baik

Ekonomi internasional merupakan wujud dari keakraban antar negara untuk meningkatkan perekonomian global. Bukan hanya soal ekonomi, kerjasama dengan negara tetangga juga dapat memperkuat hubungan kerja di bidang lainnya. 

Selain itu, hubungan yang baik juga bisa mencegah terjadinya konflik yang mungkin terjadi. Sebab dalam pelaksanaannya, kerjasama ini akan masuk dalam ranah ketergantungan satu sama lain. 

5. Barang Lebih Bervariasi

Ekonomi internasional memberikan kesempatan kepada sebuah negara untuk memasok barang maupun jasa yang hampir tidak dapat diproduksi di negara mereka. Atau karena bahan baku yang mahal sehingga lebih memilih impor dari negara lainnya. 

Hal itu juga berlaku di Indonesia, saat ketahanan pangan tidak stabil, salah satu solusi adalah impor dari luar negeri. Bagi WNI yang berada di luar negeri pun masih bisa menikmati produk Indonesia berkat sistem ekspor. 

6. Pendapatan Negara Meningkat

Bagaimana bisa ekonomi internasional dapat meningkatkan pendapatan negara? Anda mungkin sekilas bertanya mengenai hal tersebut. Padahal sudah semestinya kegiatan transaksi antar negara sifatnya saling menguntungkan. 

Misalnya saja peran TKI yang bekerja di luar negeri untuk meningkatkan devisa negara. Selain itu ikut andil dalam kegiatan ekspor.

7. Menjaga Kestabilan Harga

Bukan rahasia lagi kalau harga barang atau jasa di Indonesia cukup fluktuatif. Nah untuk menjaga kestabilan produk dilakukanlah kegiatan impor dan ekspor ke berbagai negara. Biasanya yang menjadi penyebab naiknya harga barang  adalah langkanya bahan baku. 

Untuk mengatasinya, negara harus mengimpor dari negara lain yang lebih expert. Alhasil didapatkan keseimbangan antara permintaan juga jumlah produksi. Selain itu perusahaan juga dapat meminimalisir penumpukan produk di gudang. 

Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

Setelah mengenal lebih jauh mengenai ekonomi internasional mulai dari pengertian hingga manfaat. Kini saatnya Anda mengetahui apa saja bentuk-bentuk kegiatan ekonomi tersebut. Berikut penjabarannya. 

1. Ekonomi Bilateral

Ekonomi internasional bisa dalam bentuk kerjasama bilateral yang melibatkan dua negara secara bersamaan. Nantinya kedua negara tersebut akan berusaha untuk saling menguntungkan, membantu serta memberikan timbal balik secara positif. 

2. Ekonomi Regional

Bentuk ekonomi internasional negara Indonesia selanjutnya adalah ekonomi regional. Di mana kerjasama ini berfokus pada beberapa negara yang tergabung dalam satu kawasan. Misalnya saja Indonesia yang masuk ke wilayah Asean. 

Selain itu ada pula APEC, AFTA, Uni Eropa dan lain sebagainya. Bahkan terkadang kerjasama ini bukan hanya soal ekonomi, tapi juga politik, budaya atau lainnya. 

3. Ekonomi Multilateral

Jika sebelumnya adalah kerjasama yang terjalin oleh beberapa negara dalam kawasan tertentu. Maka Ekonomi Multilateral tidak memandang hal tersebut. Sebab ekonomi Multilateral adalah bentuk kerjasama di bidang ekonomi dengan berbagai negara tanpa mengenal batas wilayah. 

4. Ekonomi Antar Regional

Kembali ke pengertian regional yang mencakup negara di kawasan tertentu. Maka maksud dari antar regional adalah penggabungan dua kawasan sekaligus. Misalnya saja antara ASEAN dengan Eropa. Di mana ASEAN sendiri merupakan sebuah organisasi yang mencakup beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.

Itu dia berbagai hal mengenai ekonomi internasional serta dampaknya bagi negara yang melaksanakan. Kini Anda jadi lebih tahu soal kegiatan ekonomi dalam berbagai sudut pandang.

0 Response to "Ekonomi internasional: Pengertian, Manfaat, dan Bentuk Penerapannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel