Iklan Bawah Header

Jurusan Ekonomi Syariah: Pengertian, Ciri-ciri dan Rekomendasi Kampus

Jurusan Ekonomi Syariah: Pengertian, Ciri-ciri dan Rekomendasi Kampus

Setelah tamat menyelesaikan pendidikan menengah, maka jenjang setelahnya adalah masuk ke perguruan tinggi. Perlu Anda ketahui, Indonesia memiliki penduduk mayoritas Islam sehingga berusaha mewujudkan transaksi perbankan syariah. Jika ingin kerja di bank salah satu langkahnya adalah dengan ambil jurusan ekonomi syariah.

Pengertian Ekonomi Syariah

Hal paling dasar yang perlu Anda tahu mengenai bidang studi ini adalah pengertian dari ekonomi syariah itu sendiri. Dalam pelaksanaanya,  ekonomi syariah merupakan ekonomi yang prosesnya berdasarkan pada aturan hukum Islam. 

Pasalnya Islam sendiri telah mengatur secara detail soal sistem ekonomi. Maka transaksi perbankan yang juga mengadopsi tata cara Islam disebut ekonomi syariah. Di mana hal ini mengacu pada ketaatan akan aturan Tuhan sebagai seorang Muslim. 

Bentuk keimanan tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk tindakan. Di mana seluruh hal yang Anda lakukan harus sesuai aturanNya. Bahkan untuk sebuah transaksi ekonomi melalui perbankan. 

Kenapa Harus Pilih Ekonomi Syariah

Bagi Anda yang ingin berkarir di dunia perbankan mengambil jurusan ekonomi syariah bisa menjadi modal awal. Apalagi sekarang ini banyak bank umum, unit maupun lembaga keuangan yang berbasis syariah. Tentunya membutuhkan tenaga kerja profesional. 

1. Hal yang Penting dalam Kehidupan

Sudah bukan rahasia lagi kalau ekonomi memegang peranan penting dalam kehidupan. Pasalnya hampir semua aspek kehidupan berkaitan dengan kegiatan ekonomi, jika sistem ini terganggu maka akan berimbas pada sektor lainnya. 

Apalagi kini sudah banyak transaksi perbankan dengan sistem syariah. Jadi bisa membantu umat muslim bertransaksi sesuai kaidah Islam. Dengan masuk ke jurusan tersebut, Anda ikut andil dalam perkembangan ekonomi. 

2. Tren Ekonomi Syariah

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa saat ini tren ekonomi syariah terus berkembang. Salah satunya bisa dibuktikan dengan hadirnya bank syariah Indonesia yang melayani masyarakat sesuai ketentuan syariat. 

Hal itu tidak terlepas dari mayoritas agama penduduk Indonesia. Dengan mengambil bidang studi ekonomi syariah tentu ada banyak peluang besar menanti. 

3. Luasnya Peluang Kerja

Sma seperti juruan ekonomi lainnya, lulusan ini memang kerap dicari. Apalagi yang berbasis syariah tentu punya peluang kerja cukup besar. Anda bisa bekerja dalam berbagai sektor baik itu lembaga, bank, kantor, perpajakan, atau hal-hal yang berkenaan dengan ekonomi lainnya.

Ciri-ciri Ekonomi Syariah

Bagi Anda yang saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana jurusan ekonomi syariah. Perlu tahu lebih banyak mengenai ciri-ciri ekonomi tersebut. Karakteristik tersebut lah yang membedakan kegiatan ekonomi syariah dengan lainnya. 

1. Adil

Ciri khas dari ekonomi syariah yang pertama adalah adil. Hal ini juga menjadi prinsip dari penerapan sistem tersebut. Pasalnya dalam Islam sendiri setiap transaksi muamalah mengharamkan adanya riba atau tambahnya harga yang tidak sesuai kesepakatan. Kenapa hal itu dilarang selain mutlak perintah Allah. 

Riba bisa merugikan salah satu pihak sehingga jauh dari keadilan. Maka prinsip adil yang sebenarnya adalah mewujudkan keadilan. Di mana hal itu juga yang diterapkan dalam perbankan syariah. 

2. Tumbuh sepadan

Salah satu contoh tumbuh sepadan adalah dalam kegiatan bagi hasil. Di mana hal ini masih terhubung dengan poin sebelumnya. Perbankan syariah memiliki prinsip sepadan dan tumbuh bersama . 

3. Beradab

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa transaksi syariah sudah sesuai dengan kaidah Islam. Otomatis dalam penerapannya pun berusaha sesuai jalur yang ada. Misalnya Anda trauma dengan penarikan atau penagihan paksa oleh oknum pinjol. 

Hal semacam itu tidak diperbolehkan dalam syariah. Itulah kenapa banyak orang yang kemudian beralih ke kegiatan ekonomi semacam ini.

4. Bermoral

Ekonomi syariah menjunjung tinggi nilai moral dalam bermasyarakat. Misalnya ketika Anda berkunjung ke kantor bank syariah, mungkin bisa merasakan staff yang selalu mengucap salam pada pengunjung. Hal ini sebagai wujud dari nilai moral serta keimanan masyarakat muslim. 

4 Kampus Jurusan Ekonomi Syariah 

Dalam Islam segala hal telah diatur dengan begitu rinci. Tidak terkecuali hal-hal yang berkenaan dengan kegiatan ekonomi. Jika Anda sedang mencari kampus dengan bidang studi ekonomi syariah, di Indonesia terdapat beberapa kampus terbaik. 

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Pada urutan pertama dalam artikel ini, penyedia jurusan ekonomi syariah salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau UIN Bandung. Jurusan yang satu ini berada dalam naungan Fakultas Syari'ah dan Hukum yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

2. IPB

Siapa yang tidak kenal dengan perguruan tinggi Institut Pertanian Bogor. Dulunya kampus yang satu ini hanya berfokus pada pengembangan pertanian serta pedesaan. Siapa sangka saat ini institusi tersebut telah merambah ke berbagai bidang dan melakukan banyak perubahan. 

Salah satunya adalah dengan menyediakan berbagai program studi juga fakultas. IPB memiliki Fakultas Ekonomi dan Manajemen yang di dalamnya memuat prodi Ekonomi Syariah. Di mana prodi tersebut telah terakreditasi A pada tahun 2018 oleh BAN-PT. 

3. Institut Agama Islam Tazkia

Selanjutnya ada Institut Agama Islam Tazkia yang dengan bangga mendapatkan penghargaan kelas dunia. Perguruan tinggi ini menjadi kampus penyedia pendidikan ekonomi syariah terbaik di dunia. Bahkan penghargaan tersebut tersema dua kali berturut-turut pada 2020 dan 2021. 

4. UIN Sunan Kalijaga

Perlu Anda ketahui bahwa UIN Sunan Kalijaga merupakan universitas Islam pertama di Indonesia yang letaknya di Yogyakarta. Berbeda dengan UIN Bandung, Uin Sunan Kalijaga memiliki prodi ekonomi syariah yang bernaung dalam fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. 

Itu dia peluang kerja mahasiswa jurusan ekonomi syariah serta beberapa kampus terkemuka untuk menempuh pendidikan. Niatkan untuk cari ilmu maka dunia pasti menghampiri.

0 Response to "Jurusan Ekonomi Syariah: Pengertian, Ciri-ciri dan Rekomendasi Kampus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel