Iklan Bawah Header

Alasan dan Prospek Kerja Kuliah Jurusan Business Management

Alasan dan Prospek Kerja Kuliah Jurusan Business Management

Perlu Anda ketahui kuliah jurusan Business Management ternyata memiliki prospek kerja dalam berbagai bidang. Terutama bagi Anda yang tertarik menjadi pengusaha. Lalu apa saja yang dipelajari dalam program kuliah tersebut, ketahui selengkapnya di sini. 

Apa Itu Jurusan Business Management?

Bagi Anda yang hendak mengambil strata 1 jurusan Business Management, sebaiknya mengetahui lebih dulu apa saja yang akan dipelajari di kampus. Secara umum Business Management mempelajari berbagai hal tentang perencanaan, operasi dan pengelolaan sebuah usaha.

Dalam program pendidikan ini, mahasiswa akan mempelajari atau mendalami ilmu terkait pengelolaan. Tujuan dari adanya jurusan ini tidak lain adalah mencetak mahasiswa profesional dalam bisnis serta manajemen. 

Bidang studi yang mempelajari cara menjalankan sebuah bisnis ini memang sedang diminati kawula muda. Terutama mereka yang berniat untuk mendirikan usaha. Bukan hanya soal pengaturan, dengan mengambil bidang studi tersebut Anda akan mengenal mulai dari produksi, manajemen mutu, hingga proyek. 

Mengapa Harus Business Management?

Sudah bukan rahasia lagi kalau dunia bisnis punya persaingan cukup ketat. Banyak pengusaha baru dengan inovasinya yang kemudian menarik perhatian konsumen. Karena banyaknya kompetitor itulah Anda harus tahu mengapa harus ambil jurusan manajemen bisnis. 

1. Tidak Membatasi Dunia Belajar

Dengan mengambil jurusan manajemen bisnis, Anda jadi lebih tahu mengenai dunia wirausaha. Selain itu, kuliah tersebut tidak terbatas dalam teori saja. Mahasiswa bisa eksplore ke lapangan untuk mengetahui secara langsung keadaan pasar saat ini. 

2. Ilmu Fleksibel

Business Management bukan hanya soal mendirikan usaha. Secara lebih luas ilmu pada bidang studi tersebut cukup fleksibel untuk diterapkan dalam berbagai lini pekerjaan. Misalnya saja e-commerce, bisnis online, trading, properti dan lain sebagainya. 

Pasalnya, Business manajemen bukan merujuk pada satu pekerjaan saja. Karena sebagai orang manajemen tugasnya adalah mengatur berbagai hal terkait usaha. Tidak terikat pada satu bidang bisnis. 

3. Lebih Terampil saat Berwirausaha

Mendirikan sebuah usaha bukan hanya soal modal dan pekerja. Tapi juga perlu taktik jitu untuk menggaet pasar secara lebih luas. Percuma saja jika Anda punya modal tapi dalam strategi minus. Usaha tidak akan berjalan dalam waktu lama sebab kalah saing dengan mereka yang inovatif. 

Oleh sebab itu, jika berniat menjadi seorang usahawan. Ilmu dalam bidang studi Business Management sangat penting. Jadi Anda tidak hanya mahir di lapangan tapi juga jago soal teori. Dengan begitu sebagai atasan atau kepala, dapat mengelola tenaga kerja secara maksimal.

4. Mengembangkan Keterampilan Manajemen

Seperti penjelasan sebelumnya jurusan manajemen bisnis tidak terbatas pada dunia kerja saja. Tapi secara lebih luas, ilmu tersebut merupakan keterampilan menghadapi tantangan dalam bisnis atau organisasi manapun . 

Selain itu di bangku kuliah, mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis dan rasional. Di mana hal ini amat dibutuhkan dalam dunia nyata. Mulai dari perencanaan, komunikasi, pengorganisasian, kepemimpinan dan sebagainya. 

5. Bekerja di Sektor Apapun

Mahasiswa lulusan Business Management serta memiliki keterampilan yang baik pasti menjadi rebutan para pembuka lowongan kerja. Gelar tersebut bisa menjadi modal untuk mencari kerja serta menentukan arah karir selanjutnya. 

Tentu saja hal ini tidak akan mudah mengingat kuliah jurusan Business Management banyak peminatnya. Kendati demikian banyak peluang bagi mereka yang tekun. Misalnya menjadi konsultan bisnis, manajer, manajemen SDM, dan lainnya. 

6. Pengenalan Dunia Bisnis

Tidak punya pengalaman dalam berwirausaha tapi ingin membangun usaha sendiri? Tidak perlu khawatir, saat mengambil bidang studi manajemen bisnis Anda akan mulai mengenal teori dasar terkait kegiatan ekonomi tersebut. 

Kuliah dapat memberikan wawasan mengenai industri yang sebelumnya belum Anda kenal. Diantaranya tren pasar yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda nantinya. 

Prospek Kerja Business Management

Salah satu yang menjadi pertimbangan saat mengambil jurusan kuliah adalah prospek kerja. Untuk Business Management sendiri dinilai memberikan prospek jelas sebab hampir semua perusahaan membutuhkan orang yang ahli di bidang tersebut. 

1. Business Development

Profesi yang satu ini memang kerap jadi buruan para pencari kerja. Di mana kerja dari seorang developer bisnis adalah menciptakan nilai jangka panjang dari pasar, pelanggan dan relasi dalam bisnis tersebut. 

Secara khusus Business Development inilah yang bertanggung jawab atas kelancaran bisnis. Sebab berkaitan erat dengan mencari strategi jitu untuk meraih pangsa pasar lebih luas sehingga memberi peluang perusahaan untuk berkembang. 

2. Marketing Executive

Marketing sendiri bisa menjadi bidang studi dalam Fakultas Manajemen dan Bisnis. Meski begitu, mahasiswa manajemen bisnis masih bisa mempelajari dasar-dasar marketing yang hadir dalam bentuk mata kuliah. Marketing Executive sendiri lebih fokus ke bidang pemasaran. 

Hal inilah yang menjadi kunci pertumbuhan sebuah usaha. Ketika marketing Executive dapat menjalankan strategi yang ia rencanakan. Maka usaha sudah pasti sukses. Sebagai seorang Executive Anda juga menaungi badan yang lebih kecil. Misalnya digital marketing, content creator, dan lainnya. 

3. Risk manager

Sebagai seorang lulusan Business Management Anda dituntut secara aktif memberikan solusi terkait bisnis yang baru merintis ataupun sudah berjalan. Hal ini sesuai dengan profesi sebagai Risk Manager yang tugasnya merencanakan serta membuat list solusi untuk mengurangi resiko. 

Itulah kenapa seorang Risk Manager punya andil besar dalam perusahaan. Anda harus mahir menganalisis serta memiliki kemampuan khusus problem solving. Dengan begitu perusahaan bisa berjalan sesuai dengan harapan sebab semua sudah terprediksi. 

Itulah hal-hal yang mungkin Anda pelajari ketika kuliah jurusan Business Management. Selain ketiga profesi di atas, prospek kerja lulusan ini ada banyak sekali. 

0 Response to "Alasan dan Prospek Kerja Kuliah Jurusan Business Management"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel