Contoh Pendahuluan dalam Esai Sesuai Jenisnya

Bagian paling awal dalam esai adalah pendahuluan. Pendahuluan menentukan seberapa menarik esai yang Anda buat. Oleh karena itu, Anda harus membuat pendahuluan yang bagus. Maka simaklah contoh pendahuluan dalam esai berikut ini sebagai tambahan wawasan untuk Anda.

Contoh Pendahuluan Esai

Akan tetapi sebelum itu, perhatikanlah langkah-langkah sebelum membuat esai sehingga dapat membantu proses menulis Esai Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Menentukan Topik

Pertama-tama Anda harus menentukan topik dengan jelas dan ter-arah. Jangan sampai Esai Anda tersebut bahasannya lebar kemana-mana dan kurang fokus.

2. Menentukan Tujuan

Kedua, Anda juga harus menentukan tujuan dari kepenulisan Anda. Baik itu bertujuan untuk membuat pembaca percaya terhadap opini Anda, atau mendeskripsikan suatu benda, atau menjelaskan cara melakukan sesuatu.

3. Mengumpulkan berbagai referensi

Selanjutnya adalah mengumpukan berbagai literatur atau sumber yang dapat mengisi esai Anda.

4. Membuat kerangka

Setelah itu, buatlah kerangka tulisan. Kerangka ini sangat penting bagi esai, karena dari situlah Anda sebagai penulis dapat menyalurkan segala opini Anda akan tetapi tetap terstruktur.

5. Mulai Menulis dan Mengoreksi Ulang

Jika kerangka sudah siap, maka selanjutnya Anda dapat mulai menulis. Dan jangan lupa untuk membaca ulang tulisan esai Anda sebagai pemeriksaan. Sehingga Anda dapat memastikan esai tersebut sudah baik.

Contoh Pendahuluan dalam Berbagai Jenis Esai

Esai memiliki banyak jenis diantaranya ialah esai cerita, kritik, reflektif, pribadi, tajuk, hingga esai cukilan watak. Oleh karena itu, berikut akan disajikan contoh pendahuluan dalam esai, sesuai dengan jenisnya.

1. Esai Pribadi

Esai pribadi berisi penjabaran tentang pengalaman pribadi yang dialami oleh penulis. Maka dalam esai ini Anda dapat menuliskan tentang diri Anda sendiri. Sehingga, esai ini sering menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu "saya" pada kepenulisannya. Berikut adalah contoh pendahuluannya:

Definisi Sukses Bagiku

Sukses adalah kata yang sangat universal, oleh sebab itu setiap orang pasti memiliki definisi suksesnya masing-masing. Karena setiap orang memiliki beragam pencapaian  serta passion yang berbeda-beda pula. Maka dalam hal ini, tidak ada jawaban yang benar dan yang salah, semua orang berhak menentukan kadar suksesnya masing-masing dengan bebas.

2. Esai Argumentatif

Esai ini mengulas pendapat penulis terhadap berbagai hal. Oleh karena ini dalam esai ini Anda benar-benar bebas hendak menlis tentang apa. Berikut adalah contoh pendahuluan dalam esai argumentatif dimana menjadikan diri sendiri sebagai objek tulisan.

Nama saya Arlinda Salsabila Putri, saya lahir di Malang tanggal 27 September 1998. Banyak teman-teman mengatakan bahwa saya memiliki kepribadian yang ceria dan suka berbagi makanan. Karena saya sedang menjalani kursus tata boga, sehingga saya sering membagikan makanan yang saya buat. Makanan tersebut merupakan hasil dari eksperimen saya saat kursus. Melihat orang lain merasa senang dan menyukai apa yang saya buat adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya.

3. Esai Tajuk

esai ini berisi pandangan atau sikap media terhadap isu yang sedang terjadi di masyarakat. Tulisan ini wajib dipublikasikan di media cetak, sehingga dapat membantu membentuk opini pembaca terhadap topik yang sedang dibahas. Berikut adalah contoh pendahuluan dalam esai tajuk.

Meningkatnya Kasus Begal saat Pandemi

Kasus begal semakin hari semakin meningkat selama pandemi. Jalanan yang biasanya ramai, kini jam 8 malam sudah mulai sepi. Lampu penerangan jalan yang mati membuat jarak pandang pengguna jalan menjadi terbatas. Jalanan yang sepi dan gelap ini berpotensi sebagai tempat begal bersembunyi. Oleh karena itu kedua hal tersebut  penting untuk di jaga demi menghindari begal.

4. Esai Reflektif

Selanjutnya adalah  esai jenis reflektif. Pada umumnya topik esai ini adalah tentang kehidupan, kematian, pendidikan lain-lain. oleh sebab itu, Anda harus menuliskan esai ini secara mendalam dengan tata bahasa bahasa yang formal.  berikut adalah contoh pendahuluan dalam esai reflektif.

Kualitas Pendidikan Indonesia

Kualitas pendidikan di Indonesia menurun setiap tahun. Pernyataan ini berdasarkan data peringkat indeks pengembangan manusia UNESCO pada tahun 2000. Data tersebut merupakan gabungan dari pencapaian pendidikan, penghasilan, dan kesehatan suatu negara. Pada indeks tersebut di antara 174 negara, pada tahun 1996 Indonesia berada di peringkat 102, pada tahun 1997 berada di peringkat 99, pada tahun 1998 berperingkat 105, dan pada tahun 1999 berada di peringkat 109. Oleh karena itu, Indonesia wajib memperbaiki kualitas pendidikannya.

5. Esai Ilmiah

Esai ini berisi tentang argumen atau opini Anda sebagai penulis, yang mana Anda harus menyertakan fakta sekaligus solusi untuk masalah yang tengah menjadi topik. Berikut adalah contoh pendahuluan dalam esai ilmiah.

Krisis Bencana yang Terjadi di Indonesia

Krisis bencana merupakan suatu kejadian yang terjadi secara alami maupun karena manusia, dalam waktu yang mendadak maupun secara berangsur-angsur. Suatu fenomena dianggap bencana apabila telah merugikan manusia dari segi materi maupun nyawa. Indonesia sendiri merupakan negara yang rawan bencana gempa bumi. Hal ini karena letak geografis negara ini yang berada pada ring of fire, yakni berada di kawasan cincin api letak dari pertemuan antar lempeng di bumi.

6. Esai Kebudayaan

Esai ini membahas tentang subjektifitas Anda sebagai penulis dengan tema budaya. Oleh karena itu, Anda bebas mengekspresikan diri Anda dalam bentuk tulisan terhadap budaya apapun. Berikut adalah contoh pendahuluan dalam esai yang dapat Anda jadikan referensi:

Ragam Budaya di Indonesia

Budaya merupakan suatu hal yang melekat pada peradaban manusia. Setiap negara memiliki peradaban yang berbeda-beda, maka demikian pula kebudayaanya. Sehingga memang benar kata Bung Hatta bahwa budaya adalah cerminan sekaligus identitas bangsa. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan terbanyak di dunia. 

7. Esai Ekonomi

Terakhir, esai ini membahas tentang subjektifitas Anda sebagai penulis bertemakan masalah ekonomi. Oleh karena itu Anda bebas mengangkat masalah apapun selama itu masih dalam konteks ekonomi. Berikut adalah contoh pendahuluan dalam esai yang dapat Anda jadikan referensi. 

Perkembangan teknologi semakin meluas di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa Setiap sub-sektor di bidang ekonomi kreatif harus sudah mengarah ke teknologi. sehingga, secara umum setiap sektor akan berbasis teknologi informasi dan komputer. Kementrian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2013 menyampaikan bahwa, pengguna internet di Indonesia baru mencapai 30% dari total populasi. Maka dari itu teknologi terus diupayakan agar dapat menembus seluruh lapisan masyarakat.

Demikianlah contoh pendahuluan dalam esai dari berbagai jenis esai yang telah tersajikan. Maka perhatikan dengan cermat, bahwa setiap jenis memiliki bentuk pendahuluan yang berbeda-beda. Sehingga diharapkan Anda dapat menambah wawasan, sekaligus menjadi referensi untuk membantu Anda menulis esai.

0 Response to "Contoh Pendahuluan dalam Esai Sesuai Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel