Cara agar Pintar Matematika? Ini Dia Solusinya!

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang ingin dihindari oleh kebanyakan para siswa. Padahal ada cara agar pintar matematika dan bagaimana strategi belajar harus diterapkan secara tepat. Hal tersebut bisa mengubahmu jadi lebih menyukai pelajaran yang penuh dengan rumus-rumus ini. 

5 Cara agar Pintar Matematika 

Agar bisa pintar matematika bukanlah hal yang mudah. Apalagi mengubah dari yang tadinya tidak suka menjadi suka. Oleh karenanya butuh waktu agar bisa terbiasa dengan penerapan rumus juga cara pemahaman soal-soal didalamnya. Untuk lebih mudah bisa pakai cara dibawah ini. 

1. Rubah Pola Pikir yang Kamu Miliki 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah mindset atau pola pikir. Nampaknya sangat standar namun percayalah jika berhasil melakukannya maka dampak positifnya akan sangat terasa. Tanamkan ke dalam pikiran bahwa matematika bukanlah pelajaran yang sukar dimengerti. 

Baca juga: 5 Tips Cara Menghafal Rumus Matematika

Walaupun kenyataannya memang ada beberapa materi yang sulit namun jika pola pikirnya positif, maka hasilnya juga akan tetap bagus. Alih-alih berhenti, justru Kamu akan semakin giat untuk mempelajari dan memecahkan persoalan tersebut. Itulah gunanya mengubah pola pikir untuk kelancaran proses belajar. 

2. Catat Rumus dengan Rapi dan Menarik 

Selanjutnya adalah melakukan pencatatan rumus matematika dengan terstruktur. Biasanya pencatatan menggunakan spidol berwarna lebih bagus dan sangat efektif daripada hanya catat biasa di buku. Minat untuk belajar bisa tumbuh lebih besar dan memotivasimu untuk rajin belajar. 

Baca juga: Tips Belajar Matematika agar Tidak Menjenuhkan

Ada beberapa orang yang sebenarnya merasa malas untuk mencatat. Namun, jika ingin mulai betah belajar matematika sebaiknya Kamu harus merapikan catatan belajarnya. Buat semenarik mungkin ketika dilihat oleh mata. Ketika mood sudah muncul maka proses belajar semakin lancar. 

3. Pahami Konsep Dari Rumus Tersebut 

Agar otak cepat menyerap materi demi materi yang tersaji sebaiknya Kamu juga harus memahami konsepnya. Jangan hanya berusaha untuk menghafal saja tanpa tahu bagaimana cara menerapkannya ke dalam setiap soal matematika. Hafalan tanpa praktik hanya omong kosong belaka. 

Namun ketika Kamu merubah konsepnya untuk lebih menerapkan pemahaman maka lama kelamaan otak mulai terbiasa memecahkan soal matematika dengan rumus. Tanpa hafalanpun tetap bisa menyelesaikannya dengan baik. Jadi jangan hanya asal tahu saja tapi tidak pernah praktik. 

4. Sering-Sering Mengerjakan Soal Latihan Bersama 

Hasil akhir yang maksimal juga tercipta dari adanya ketekunan untuk belajar lebih lagi. Jika hanya berusaha sendiri maka bisa saja kemampuanmu hanya sebatas itu-itu saja, akan sangat bagus jika Kamu mau mengerjakan soal latihan bersama dengan teman lainnya. 

Baca juga: Cara Mudah Belajar Perkalian agar Tidak Memusingkan

Pengalaman dan suasana baru tentunya akan membuat Kamu lebih termotivasi lagi. Jangan malu untuk menambah wawasan bersama orang-orang baru yang punya ketertarikan di bidang serupa. Mereka akan membuatmu lebih bersemangat untuk belajar dan mengejar ketertinggalan. 

5. Jangan Segan Bertanya Kepada Guru 

Terakhir adalah tindakan yang sering dilewatkan, padahal dampaknya akan sangat terasa bila mampu dilakukan dengan rutin. Kesempatan untuk belajar juga bertanya ke guru di sekolah jangan dilewatkan, jadilah pribadi aktif dan berani.

Baca juga: Rahasia! Inilah Cara Mudah Belajar Perkalian dengan Jari

Mirisnya di zaman sekarang ini bertanya kepada guru justru dianggap cari perhatian dan masuk ke dalam kategori tindakan negatif. Padahal sekolah memang tempatnya untuk belajar dan bertanya jika ada materi yang terasa masih kurang jelas. 

Keberadaan dan metode pengajaran dari guru juga menjadi salah satu faktor besar agar murid tertarik untuk mempelajari pelajaran tersebut. Oleh karenanya penting sekali menciptakan suasana belajar kondusif agar anak-anak merasa nyaman.

0 Response to "Cara agar Pintar Matematika? Ini Dia Solusinya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel