Rahasia! Inilah Cara Mudah Belajar Perkalian dengan Jari

Perkalian merupakan materi dasar yang akan diajarkan ke anak saat mulai belajar matematika. Jika melihat negara luar seperti China, mereka punya cara mudah belajar perkalian dengan jari. Tidak ada salahnya mencontoh metode yang memudahkanmu untuk belajar.

Metode Cara Mudah Belajar Perkalian dengan Jari 

Tidak mudah membiasakan si kecil untuk belajar perkalian dengan menggunakan jari. Namun hal tersebut bukan berarti tidak bisa. Ada berbagai cara cerdas bisa dlakukan untuk membuat anak jadi lebih cepat paham, salah satunya adalah perkaliann pakai jari. Lebih lengkapnya adalah sebagai berikut. 

Pertama, perlu diingat jika setiap jari mewakili angka tertentu. Mulai dari jempol kanan ke kiri atau bisa sebaliknya. Sesuai jumlahnya, maka setiap jari mewakili angka dari 1 sampai 10. Ajarkan anak agar bisa mengucapkan dari satu sampai 10 pakai jari tangan. 

Baca juga: Cara agar Pintar Matematika? Ini Dia Solusinya!

Kemudian, tekuk jari yang ingin dikalikan ke arah dalam. Contoh jika ingin mengalikan 8 X 3 maka tekuk jari yang mewakili angka tersebut ke dalam. Hal tersebut berlaku untuk jumlah perkalian lainnya, tinggal tekuk ke arah dalam saja. 

Terakhir, hitung jari-jari berada pada sebelah kiri yang tertekuk. Seharusnya jika sesuai dengan perkalian diatas maka ada 3 jari sebelah kiri. Setelahnya hitung jari berada pada sebelah kanan yang tertekuk ke arah dalam. Lakukan latihan secara berulang-ulang agar semakin paham. 

Manfaat Melakukan Perhitungan dengan Jari 

Bagi Anda yang saat ini punya anak dan baru belajar perkalian, tidak ada salahnya ajarkan cara berhitung dengan jari. Ada banyak sekali keuntungan juga manfaat yang bisa didapatkan ketika berusaha belajar perkalian menggunakan jari tangan. Dibawah ini adalah penjelasan singkatnya. 

1. Membuat Mereka Lebih Paham Konsep Matematika

Tahap pengenalan memang tidak mudah. Pastinya membutuhkan kesabaran dan juga konsistensi agar si kecil paham konsep berhitung. Secara tidak langsung, melakukan perhitungan dengan jari akan menerjemahkan konsep matemati yang abstrak menjadi lebih mudah dipahami. 

Baca juga: 5 Tips Cara Menghafal Rumus Matematika

Sudah banyak penelitian tentang perhitungan dengan jari yang menyatakan jika hal tersebut bisa memperkuat kemampuan anak dalam mengolah angka-angka. Selain itu, bisa juga mendukung perkembangan motoriknya agar bisa lebih tajam. 

2. Bantuan Visual yang Bagus 

Perhitungan dengan jari juga sangat efektif untuk menjadi bantuan visual bagi anak-anak yang baru mengenal perkalian matematika. Sebab, melarang si kecil berhitung dengan jari hanya akan menghambat perkembangannya dalam berlajar perkalian atau perhitungan lainnya. 

Baca juga: Cara Mudah Belajar Perkalian agar Tidak Memusingkan

Berhitung dengan jari dipercaya bisa menjadi stimulasi multisensori berhitung yang sangat baik. Gaya belajar ini, juga dipercaya dapat mempengaruhi kinestestik anak. Memang, metode visual memang bagus, karena anak seolah dapat contoh dari penyelesaian solusi dari perkalian. Namun, itu semua tergantung kondisi masing-masing.

3. Lebih Terampil dalam Menggunakan Jari 

Persepsi atau kemampuan jari juga cenderung meningkat lebih tajam ketika si kecil berusaha menyelesaikan perkalian dengan jari tangan. Mereka bisa lebih pandai dalam membedakan, mengenal, juga lebih terampil ketika menggunakannya. Terlihat mudah namun tidak untuk anak-anak.

Baca juga: Tips Belajar Matematika agar Tidak Menjenuhkan

Respon anak yang sudah dari kecil terbiasa menggunakan jarinya lebih baik daripada yang tidak biasa. Ada respon aktif terhadap rasa sakit atau tekanan lain yang terjadi pada area jari anak. Semakin sering berlatih maka akan semakin bagus. 

Jika memiliki kesempatan memberikan les tambahan di suatu lembaga kursus para pengajar juga cenderung memberikan pelatihan jari ini. Stimulasi sederhana sejak dini ini akan sangat berpengaruh di masa mendatang. 

0 Response to "Rahasia! Inilah Cara Mudah Belajar Perkalian dengan Jari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel