5 Tips Singkat Cara Menghafal Rumus Matematika

Belajar matematika memang bukan hal yang menyenangkan bagi sebagian anak. Banyak rumus yang harus dipahami bagaimana cara penerapannya. Namun dengan cara menghafal rumus matematika ini, siapa tahu bisa membuat berubah pikiran jadi lebih menyukai pelajaran berhitung satu ini.

Beberapa Cara Menghafal Rumus Matematika 

Belajar matematika memang bukan suatu hal yang menyenangkan. Rasa bosan dan malas pasti akan datang menghampiri jika hanya mengandalkan cara belajar biasa. Harus ada kombinasi lain yang bervariasi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan agar cepat hafal rumus dari matematika.

1. Bulatkan Niat Terlebih Dulu 

Ketika akan memulai proses belajar biasanya akan banyak godaan. Misalnya pesan dari teman, perasaan bosan, lapar, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya Kamu harus menguatkan niat terlebih dulu. Usahakan agar tidak mudah lengah dan akhirnya tidak jadi mempelajari rumus dari pelajaran. 

Baca juga: Cara agar Pintar Matematika? Ini Dia Solusinya!

Buat yang tidak suka pelajaran matematika cobalah untuk mulai memantapkan niat untuk belajar. Sebab kalau sudah ada niat dan tekad yang bulat pasti bisa melewatinya. Awalnya memang terasa membosankan, namun jika dibiasakan lama-lama akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. 

2. Kenali juga Pahami Setiap Rumusnya

Sebenarnya tidak cukup hanya dengan mempelajari rumus sekali saja, Kamu juga harus bisa mengenali juga memahaminya dengan baik. Praktekkan rumus tersebut untuk menjawab berbagai macam soal matematika. Jika masih bingung bisa cari dari media lainnya juga. 

Baca juga: Tips Belajar Matematika agar Tidak Menjenuhkan

Biasanya beberapa media edukasi sekarang juga sudah menyediakan cara pemesahan masalah soal matematika hanya dengan memotretnya saja. Hal ini bisa jadi solusi bagi Kamu yang susah paham dan memang agak loading lama dalam memahami sesuatu. Namun jangan dijadikan kebiasaan juga. 

3. Pakai Visualisasi Warna 

Karena otak manusia bagian yang bekerja adalah kanan dan kiri lebih baik menggunakan keduanya agar proses belajar lebih menyenangkan. Oleh karenanya visualisasi warna menjadi salah satu solusi paling tepat. Selain hasilnya juga bagus nyatanya tidak membutuhkan modal banyak untuk memulainya. 

Cukup gunakan lembar kerja kosong, kemudian pakai spidol warna-warni untuk membuat catatannya. Dengan begitu hasilnya juga akan lebih maksimal dan menarik. Bahkan sambil mencatat Kamu juga bisa sambil mempelajarinya. Alhasil, tidak sulit menghafal dan menerapkan langsung ke soal. 

4. Sering-sering Berlatih dengan Soal yang Bervariasi 

Hasil akhir tentunya tergantung dengan seberapa kuat usaha Anda. Begitu pula ketika ingin menghafal rumus demi rumus matematika yang terkadang cukup panjang ini. Harus rajin berlatih dengan soal-soal baru dengan cerita lebih bervariasi sehingga menambah pemahaman terhadap rumus tersebut. 

Baca juga: Cara Mudah Belajar Perkalian agar Tidak Memusingkan

Dengan sering-sering berlatih pakai berbagai macam soal berbeda-beda tapi penyelesaiannya sama rumus tersebut akan semakin melekat di otak. Akhirnya bukan Cuma menghafal saja namun tingkatannya sudah memahami dengan baik.

5. Diskusikan dengan Teman atau Masuk ke Komunitas Lain 

Terakhir adalah jangan simpan pengetahuan tersebut seorang diri. Karena bisa saja ternyata itu ternyata kurang tepat dan ada bagian yang harus diperbaiki. Oleh karenanya, cobalah untuk mendiskusikannya dengan teman-teman di kelas. 

Baca juga: Rahasia! Inilah Cara Mudah Belajar Perkalian dengan Jari

Dari mereka Kamu juga bisa tahu apakah rumus tersebut sebenarnya sudah benar penerapannya. Kalau masih ragu dan ingin lebih mempertebal keyakinan lagi Kamu bisa coba masuk ke sebuah komunitas belajar bersama secara online. 

Itulah berbagai macam cara yang bisa Kamu lakukan untuk membuat hafalan rumus jadi lebih mudah. Matematika bukanlah pelajaran menyeramkan, dengan penanganan yang tepat, ubah mindset jadi lebih positif maka perlahan juga bisa mulai terbiasa.

0 Response to "5 Tips Singkat Cara Menghafal Rumus Matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel