Tips Belajar Matematika agar Tidak Menjenuhkan

Dari dulu sampai sekarang salah satu pelajaran yang ditakuti dan dihindari oleh para siswa adalah matematika. Padahal dengan tahu tips belajar matematika yang benar dan tepat pemahaman terhadap materi yang diajarkan menjadi tidak terlalu sulit. Hanya saja di awal para siswa sudah malas dulu. 

Kumpulan Tips Belajar Matematika untuk Para Siswa

Walaupun dianggap pelajaran sulit nyatanya sampai sekarang jumlah siswa yang menyukai matematika justru semakin bertambah. Bagi Kamu yang masih merasa kesulitan untuk menyukai pelajaran satu ini, bisa coba gunakan strategi dan tips khusus. Siapa tahu bisa dapat hasil yang maksimal. 

1. Cari Suasana Belajar yang Nyaman 

Lingkungan juga sangat berpengaruh dalam memberikan motivasi untuk belajar lebih semangat lagi. Demi meningkatkan konsentrasi selama proses belajar tidak harus selalu di kamar. Sesekali buatlah suasana baru, misalnya pergi ke coffee shop, perpustakaan kota, atau tempat nyaman lainnya. 

Baca juga: Rahasia! Inilah Cara Mudah Belajar Perkalian dengan Jari

Belajar dengan suasana baru akan membuat otak bekerja dengan baik. Pikiran juga tidak mudah bosan atau capek karena pemandangan yang ada di sekitar membuat nyaman. Cobalah cari tempat dengan suasana nyaman versimu agar bisa membuat belajar lebih efektif. 

2. Tetap Fokus Mendalami Materi 

Salah satu tantangan terbesar dalam belajar hal yang tidak disukai adalah ketika fokus sudah buyar. Oleh karena itu, usahakan sebalum masuk ke dalam pembelajaran lebih dalam Kamu harus pahami dulu konsep dari materi tersebut. Bagaimana pola penyelesaiannya tanpa harus pusing. 

Baca juga: 5 Tips Cara Menghafal Rumus Matematika

Ketika menemukan kesulitan seperti ini hendaknya jangan asal berganti materi dulu. Yakni, sebelum merasa paham dan menguasai dalami lagi dengan mencari penjelasan di berbagai media. Dengan begitu Kamu bisa mendapatkan pencerahan untuk penyelesaian (konsep ini harus ditanamkan dengan baik). 

3. Ubah Pola Pikir Bisa Membantumu Lebih Rileks 

Salah satu faktor mengapa materi pelajaran tak kunjung masuk ke otak adalah karena merasa adanya tekanan. Tidak hanya berasal dari lingkungan namun tekanan paling besar justru berasal dari pola pikir diri sendiri. Salah satunya yakni, sudah merasa takut padahal belum mencobanya. 

Oleh karenanya sebelum mencoba pastikan mindset atau pola pikirmu sudah berubah. Bukan lagi tentang matematika adalah ilmu yang menyeramkan dan sulit, namun matematika ilmu yang bisa dipelajari dengan ketekunan dan kesabaran. Hal ini sedikit banyak membuatmu jadi lebih rileks. 

4. Jangan Takut untuk Salah 

Sama halnya dengan belajar naik sepeda, diawal pasti akan melakukan kesalahan bahkan jatuh berkali-kali. Namun hal tersebut bukanlah alasan untuk membuatmu menyerah belajar matematika. Justru itu menjadi motivasi agar Kamu mampu menaklukannya. Jadi jangan takut untuk melakukan kesalahan. 

Baca juga: Cara agar Pintar Matematika? Ini Dia Solusinya!

Kesalahan adalah salah satu tindakan biasa, apalagi jika sedang belajar tentang sesuatu yang baru. Begitu pula dengan belajar matematika, soal demi soal yang sulit bukanlah penghalang untuk bisa berproses memahami materi matematika. 

5. Konsisten Berlatih Soal 

Terakhir adalah selalu konsisten dalam berlatih menyelesaikan soal ataupun belajar materi baru. Hasil yang maksimal tidak bisa didapatkan hanya dengan satu atau dua kali membaca atau menghafal rumus saja. Harus ada tindakan nyata agar pemahaman benar-benar terbentuk. 

Baca juga: Cara Mudah Belajar Perkalian agar Tidak Memusingkan

Teruslah konsisten mencoba soal demi soal yang Kamu dapatkan. Jangan hanya menggunakan buku pelajaran dari sekolah saja, melainkan juga harus cari sumber referensi lain. Dengan begitu pemahaman Kamu akan semakin bagus. 

Perlu diingat jika proses belajar tentunya tidaklah instan, butuh waktu lama agar mulai terbiasa. Untuk permulaan Kamu bisa buat jadwal belajar dengan jangka waktu maksimal 30 sampai 1 jam. Kemudian jika sudah mulai terbiasa tambahkan rentan jangka waktunya. 

0 Response to "Tips Belajar Matematika agar Tidak Menjenuhkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel