Cara Mudah Belajar Perkalian agar Tidak Memusingkan

Mengenalkan si kecil dengan metode perkalian butuh waktu yang lama. Sebagai orang tua, Kamu harus bisa menemukan cara mudah belajar perkalian untuk anak. Tentunya cara ataupun kapasitasnya sudah disesuaikan dengan kemampuan usia mereka. Jadi tidak membuatnya tertekan dan merasa stress dini.

 

5 Cara Mudah Belajar Perkalian Secara Menyenangkan 

Metode perkalian untuk si kecil memang harus menyenangkan. Maka, buat mereka nyaman dan senang sehingga tidak merasa bosan. Semakin nyaman si kecil, akan bertambah fokus memperhatikan materi yang diajarkan oleh orang tuanya. Berikut adalah bebera cara bisa jadi pilihan:

1. Memulai dengan Cara yang Mudah 

Memperkenalkan si kecil metode perkalian baru ke anak bukanlah hal yang mudah. Butuh proses dari hal yang paling ringan dulu. Supaya semakin semangat Kamu bisa mulai dari angka terkecil, jangan lupa untuk bangun kepercayaan diri mereka agar mau menjawab dan berperan aktif dalam proses belajar. 

Baca juga: Cara agar Pintar Matematika? Ini Dia Solusinya!

Perkalian paling mudah seperti 1 x 2 sampai 1 x 10 bisa jadi basic perkalian yang paling tepat. Setiap hari Kamu bisa naikkan skalanya semakin tinggi dan tinggi lagi. Jika memang ada kesulitan bisa diulangi lagi sampai si kecil paham dengan konsepnya. Jadi tidak perlu buru-buru juga, nikmati prosesnya. 

2. Konsisten Mengulangnya Setiap Hari 

Untuk memahami konsep dari perkalian berikan pembelajaran ulang setiap hari. Buatkan tabel perkalian, Kamu juga bisa ambil referensi dari Google agar lebih praktis. Tidak perlu terlalu lama , cukup dengan 30 menit setiap hari saja sudah cukup membuat si kecil terus berkembang. 

Baca juga: 5 Tips Cara Menghafal Rumus Matematika

Pengulangan dari metode-metode yang digunakan sedikit banyak membantu pemahaman anak juga akan lebih melekat dengan baik. Namun sebelum itu bunda juga harus memastikan jika mood atau perasaan si kecil sedang baik sehingga bisa fokus dalam mengikuti arahan materi. 

3. Buat Media Pembelajaran yang Unik 

Mengajarkan anak perkalian dengan cara biasa saja tidak akan membuatnya langsung cepat paham. Ada banyak cara bisa ditempuh, salah satunya adalah dengan membuat media pembelajaran yang unik. Misalnya dari kertas karton digambar dengan spidol, atau pakai mainan stimulasi khusus. 

Anda bisa menyesuaikannya dengan usia anak, semakin besar tentu pola pikirnya juga bertambah bagus. Namun jika masih dibawah lima tahun bisa pakai media mainan berbentuk hewan, atau lainnya dengan warna-warna menarik. 

4. Trik Jari 

Pilih salah satu metode pengajaran perkalian yang populer dan disukai anak, misalnya saja trik jari. Trik satu ini dikenal cukup mudah untuk membantu proses pengenalan perkalian kepada si kecil. Di tengah-tengah proses pembelajaran, Kamu juga bisa tambahkan candaan agar suasana tidak kaku. 

Baca juga: Rahasia! Inilah Cara Mudah Belajar Perkalian dengan Jari

Buat anak merasa nyaman pada kelas belajar di rumah. Jangan terlalu serius dan membuat tekanan ke si kecil. Ketika merasa tertekan mereka justru sangat sulit memasukkan materi belajar ke memori otak, bukan hal mudah juga memulihkan kepercayaan mereka. 

5. Beri Tontonan Edukasi 

Belajar perkalian tidak hanya dari soal-soal atau tabel perkalian saja. Kamu bisa memberikan tontonan edukasi tema animasi kepada anak. Biasanya cara satu ini sangat efektif dalam memberikan rangsangan ingatan kuat pada anak. 

Baca juga: Tips Belajar Matematika agar Tidak Menjenuhkan

Iringan musik lucu dan gambar grafis yang menarik membuat si kecil merasa semangat untuk belajar tentang hal baru. Kamu bisa memilih jenis bahasa yang digunakan pada video tersebut, bisa Inggris ataupun Indonesia. 

Lama atau tidaknya proses pengenalan perkalian ke anak tentunya berbeda-beda. Semakin rajin dan konsisten mengulang materi bisa semakin bagus pula hasilnya. Namun semua itu juga tergantung pada kemampuan daya tangkap si kecil, jadi tidak bisa membandingkannya dengan anak lain. 

0 Response to "Cara Mudah Belajar Perkalian agar Tidak Memusingkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel