Kumpulan Referensi Jurnal Internasional Pendidikan Matematika

Jangan salah, walaupun matematika identik dengan perhitungan dan ilmu pasti tetapi pada dasarnya ada sedikit teori disana. Oleh sebab itu beberapa silabusnya menuntut adanya jurnal internasional pendidikan matematika guna mendukung tugas-tugas serta karya ilmiah bahkan skripsi.

Tujuh Link yang Menyediakan Contoh Jurnal Internasional Pendidikan Matematika dan Matematika

Mencari jurnal-jurnal pendukung tugas-tugas karya ilmiah selain melalui perpustakaan yang ada di kampus, paling mudah mengakses dengan link-link dari internet. Referensinya sangat banyak bahkan ada beberapa menyediakan contoh karya ilmiah. Berikut tujuh link yang direkomendasikan.

1. Google Scholar

Google Scholar atau Google Cendekia ada untuk membantu akademis mencari contoh-contoh tulisan ilmiah seperti, artikel jurnal, buku pdf, dll. Dalam Google Scholar menyediakan jurnal-jurnal nasional dan juga internasional.

Cara mencari jurnal internasional matematika dalam google Scholar hanya cukup memasukkan keyword dalam bahasa inggris pada kolom search, kemudian klik "enter". Setelah semua referensi jurnal muncul, Anda juga bisa men-setting tahun terbitnya artikel jurnal sesuai keinginan.

2. Springer.com/journal/10763

Didalam contoh jurnal tersebut disebutkan bahwa, the International Journals of Science and Mathematics Education didirikan oleh Kementrian Sains dan Teknologi dari Taiwan. Mereka baru saja menerbitkan artikel tentang penilaian topik variasi dan metode dalam pendidikan sains juga matematika.

Selain itu, juga ada artikel tentang penelitian mengenai strategi dan variasi mengajar juga memahami dalam perbedaan budaya serta konteks kurikuler yang melenceng. Semua itu dipublikasikan dalam bentuk jurnal dan bisa dijadikan sebagai referensi dari jurnal-jurnal internasional pendidikan matematika.

3. Iejme.com

Berisikan tentang International Electronic Journals of Mathematic Education yang akan segera diterbitkan secara online, sehingga mampu membantu dalam referensi edukasi matematika. IEJM melakukan penelitian pada sumber dan teori baru dalam kontek edukasi matematika.

Dalam artian melalui link di atas, kalian akademis dengan berbagai tugas membutuhkan referensi jurnal bisa mencarinya melalui IEJM. Free accses serta unduh, namun tidak bisa seenaknya menyalin. Hanya dijadikan bahan dengan memahami isi, isu, masalah hingga apapun berhubungan edukasi matematika.

4. Tandfonline.com/toc/tmes20/current

Selain ketiga link di atas, untuk mencari beberapa jurnal internasional tentang pendidikan matematika bisa juga menggunakan poin ketiga. Disana menyediakan journals secara free access, sehingga kalian bisa mengunduh secara bebas. Jangan khawatir karena jurnal-jurnal tersebut dikeluarkan oleh IJEMST.

IJEMST, International Journals of Education in Mathematic, Scince and Technology sehingga keakuratannya terjamin. Websitenya sendiri dikhususkan bagi yang berhubungan dengan matematika, sains juga teknologi. Semua jurnalnya dalam bahasa Inggris, menjadi tantangan tersendiri bukan.

5. Ijemst.com/index.php/ijemst

Link pada poin keempat adalah jalan pintas sehingga kalian bisa langsung mengakses serta mengunduhnya. Untuk judul ke empat ini dipandu masuk ke dalam websitenya sendiri, sama saja kualitas jurnalnya hanya berbeda cara masuknya saja. Bahkan, ketersediaan jurnal juga lebih banyak.

Melalui link ini kalian diharuskan log in terlebih dahulu, oleh karena itulah muncul beberapa alamat website yang memandu langsung pada contoh-contoh jurnal. Dalam artian agar pengguna tidak kesulitan dalam mengaksesnya. Tanpa log in, masih bisa mengakses namun tidak mengunduh.

6. Springer.com/journal/10958 

Berisikan tentang contoh jurnal dari Journal of Mathematical Sciences menerbitkan langsung berdasarkan dari terjemahan bahasa Rusia dan Ukraina ke bahasa Inggris secara sempurna. Artikel yang mencakup berbagai topik tentang ilmu-ilmu matematika, yaitu:

  • Analisa Matematika
  • Kemungkinan
  • Statistika
  • Aljabar
  • Geometri
  • Matematika Fisika
  • Proses Stokastik, ilmu teori peluang dan statistika
  • Masalah Nilai Batas
  • Operator Linier
  • Number and Function Theory

Dalam jurnal yang ada di link tersebut menjelaskan walaupun artikel bawaannya berbahasa Rusia dan Ukraina namun diterjemahkan ke bahasa Intenasional dengan sangat sempurna. Pembahasannya pun tergolong lengkap karena mencakup semua silabus edukasi matematika dalam lingkup luas.

7. Sciencedirect

Jurnal-jurnal yang dipublikasikan oleh sciencedirect memang tidak pernah gagal, pembahasannya sangat mendalam walaupun tentang sains. Kali ini, link di atas memberikan contoh jurnal internasional matematika berjudul “Advances in Applied Mathematics” dengan fitur-fiturnya, yaitu:

  • Matematika Diskrit
  • Kemungkinan Diskrit
  • Statistika secara Teori
  • Matematika Biologi dan Bioinfromatics
  • Penerapan Aljabar Komutatif dan Geometri Aljabar
  • Teori Kecembungan (Convexity Theory)
  • Experimental Mathematics
  • Theoretical Computer Science

Meninjau dari jurnal di atas, walaupun matematika adalah ilmu pasti tetapi tetap mempunyai teori-teori sendiri. Selain itu penerapannya juga tidak main-main hingga muncul berbagai strategi hingga cara-caranya. Tidak heran jika banyak yang merasa kewalahan tentang pendidikan matematika.

Peran Website Penyedia Jurnal-jurnal Internasional

Jurnal internasional memang hadir dengan bahasa-bahasa asing, namun sebenarnya ilmu yang ada di dalamnya lebih berbobot juga keakuratnya tinggi. Perannya pun sudah jelas, memberikan penambahan ilmu juga referensi untuk tugas, karena terkadang ada hal-hal baru di dalamnya.

Selain itu, kehadiran jurnal internasional menambah luas pengetahuan dari berbagai penjuru dunia. Meskipun matematika adalah ilmu pasti dengan bermacam-macam rumus, namun membutuhkan beberapa teori nyata untuk mendukung penjelasan rumusan yang ada tersebut.

Tujuh link yang memberikan contoh-contoh jurnal internasional pendidikan matematika di atas membuat seseorang non-sains menjadi paham betapa rumitnya kehidupan dunia perhitungan rumus. Tetapi bagi mereka, menemukan jawaban adalah hobi tersendiri.

0 Response to "Kumpulan Referensi Jurnal Internasional Pendidikan Matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel