Universitas dengan Jurusan Matematika Terbaik untuk Saat Ini

Bagi sebagian besar orang, pelajaran menghitung satu ini memang sangat disukai. Hal ini membuat mereka akhirnya memilih nya lagi ketika hendak kuliah di perguruan tinggi. Lantas mana universitas dengan jurusan matematika terbaik? Tentu saja rekomendasi ini menjadi faktor saat menentukannya. 

Universitas dengan Jurusan Matematika Terbaik 

Pelajaran matematika memang tidak disukai oleh orang-orang karena diakui sangat sulit. Namun sebagian besar pelajar mengaku menyukai nya. Hal ini membuat mereka akhirnya memilih jurusan Matematika ketika sedang berkuliah. Berikut beberapa universitas terbaik nya:

1. Universitas Indonesia 

Semua orang tentu sudah mengetahui kampus terkenal di Depok ini yakni Universitas Indonesia. Popularitas universitas satu ini memang tidak perlu diragukan lagi sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu tujuan ketika hendak berkuliah di jurusan Matematika. 

Jurusan UI memang banyak yang masuk di kategori terbaik termasuk juga Matematika. Prodi ini telah berdiri semenjak tahun 1961. Beberapa peminatan-nya antara lain Matematika Aktuaria, Matematika Komputasi, Matematika Murni, Matematika Riset Operasi dan Statistika hingga lainnya. 

2. Institut Teknologi Bandung 

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa ITB menjadi salah satu kampus yang mempunyai jurusan Matematika terbaik di tanah air. ITB memang terkenal dengan peminatan Saintek. Anda tidak perlu meragukan lagi akan kualitasnya serta lingkungan belajar di dalamnya begitupun mahasiswanya. 

Jurusan Matematika ITB mempunyai 5 peminatan antara lain Aljabar, Analisis dan Geometri, Matematika Bisnis, Statistik, hingga Industri. Akreditasi jurusan ini juga sudah jelas sekali yakni telah terakreditasi A. Salah satu buktinya yakni berhasil memperoleh medali emas pada suatu kompetisi. 

3. Universitas Gadjah Mada 

Kampus satu ini memang tidak pernah absen dari daftar kampus terbaik dengan jurusan tertentu termasuk juga Matematika. Akreditasinya pun sudah terbukti A sehingga universitas ini hanya menerima sebanyak 18 orang saja pada saat penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN. 

Sementara pada jalur SBMPTN, jurusan Matematika juga hanya menerima sebanyak 32 calon mahasiswa saja. Sama halnya seperti ITB, mahasiswa jurusan Matematika UGM berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus pada kompetisi internasional sehingga dapat dijadikan sebagai buktinya. 

4. Institut Pertanian Bogor 

Kampus yang berada di Bogor ini juga menjadi salah satu universitas impian bagi banyak lulusan SMA di Indonesia. Jurusan Matematika di IPB pun telah terakreditasi A oleh Lembaga BAN-PT. Mengenai daya tampung nya, hanya menerima sebanyak 31 orang pada jalur masuk SNMPN. 

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari pada jurusan matematika IPB yakni antara lain Matematika Keuangan, Aljabar Linear, Pengantar Logika Matematika dan lainnya. Menariknya, dengan passing grade tertinggi urutan kedua membuat persaingan nya juga terasa semakin ketat bagi calon mahasiswa. 

5. Universitas Airlangga 

Universitas Airlangga menjadi salah satu kampus favorit yang ada di Indonesia termasuk juga jurusan Matematika. Universitas ini menerima setidaknya sebanyak 30 calon mahasiswa pada jalur SNMPTN. Persaingannya sungguh ketat lantaran telah mendapat akreditasi A oleh Lembaga BAN-PT. 

Salah satu bukti bahwa jurusan Matematika Airlangga termasuk ke dalam kategori terbaik adalah berhasil meraih medali perunggu pada ajang International Mathematics Competition pada tahun 2018 silam di Bulgaria. Anda bisa segera mengikuti apa saja tipsnya jika ingin menjadi mahasiswanya. 

6. Universitas Brawijaya 

Sebagai kampus terkenal yang ada di Kota Malang, membuat Universitas Brawaijaya pun menjadi salah satu universitas paling banyak diinginkan oleh lulusan SMA khususnya di luar Jawa Timur. Termasuk juga calon mahasiswa ingin masuk di jurusan Matematika. 

Universitas Brawijaya yang berada di Jawa Timur telah memperoleh predikat A dari Lembaga BAN-PT untuk jurusan Matematika. Raihan ini diperoleh di tahun sama dimana berlaku selama 5 tahun sehingga menjadi pertimbangan pada saat memilih UB sebagai salah satu kampus tujuan. 

7. Institut Teknologi Sepuluh November 

Masih sama-sama di Jawa Timur, Institut Teknologi Sepuluh November juga menjadi kampus yang terbaik di daerah Jatim. Ada banyak jurusan menarik di ITS ini dimana memang digemari oleh banyak lulusan SMA. 

Institut Teknologi Sepuluh November juga berhasil mengantongi predikat A untuk jurusan Matematika pada tahun 2016. Selain itu, kampus ini pun sukses bertengger pada peringkat urutan ke-4 sebagai perguruan tinggi negeri terbaik versi Ristekdikti pada tahun 2019. 

8. Universitas Negeri Semarang 

Universitas Negari Semarang memang lebih terkenal dengan jurusan keguruan dan ilmu pendidikannya. Padahal masih ada banyak program studi lainnya yang menarik dapat Anda jadikan sebagai opsi ketika menginginkan berkuliah di sini, salah satunya yakni Matematika. 

Jurusan Matematika milik Universitas Negeri Semarang berhasil mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2016. Hal ini menjadi bukti bahwa kampus ini memang tidak perlu diragukan lagi untuk dijadikan sebagai tempat berkuliah setelah SMA atau sederajat. 

Itulah tadi kedelapan universitas dengan jurusan matematika terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai rekomendasi. Mengingat bahwa program studi satu ini memang memiliki banyak peminat sehingga mempunyai persaingan sangat ketat. 

0 Response to "Universitas dengan Jurusan Matematika Terbaik untuk Saat Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel